Soekarno, Pejuang Kemerdekaan dengan Segala Romansanya
Sumber: 21cineplex.com

Film Review / 13 November 2013

Kalangan Sendiri

Soekarno, Pejuang Kemerdekaan dengan Segala Romansanya

Lois Official Writer
3728

Pria ini dulunya bernama Kusno. Namun ayahnya menggantikan namanya menjadi Soekarno dengan harapan anak kurus yang sering sakit-sakitan itu dapat berubah menjadi ksatria seperti tokoh pewayangan – Adipati Karno. Saat berusia 24 tahun, Soekarno dikenal sebagai pemberontak dan dituduh menghasut karena dia berani meneriakkan “Kita Harus Merdeka Sekarang!!!”

Ya, inilah film tentang kehidupan Soekarno semasa penjajahan masih berlangsung di negeri pertiwi dan bagaimana perjuangannya untuk merebut kemerdekaan. Keberaniannya tidak pernah padam. Pledoinya yang berjudul Indonesia Menggugat membuatnya dibuang ke Ende lalu ke Bengkulu. Di Bengkulu dia bertemu dengan Fatmawati, padahal pada saat itu Soekarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang 12 tahun lebih tua darinya dan selalu menjadi perisai saat dia dipenjara ataupun dalam pengasingan.

Di tengah kemelut tersebut, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Hatta dan Sjahrir mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dengan Belanda. “Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan,” itulah tanggapan Soekarno. Hatta terpengaruh tapi Sjahrir tidak, bahkan pengikut Sjahrir pada akhirnya mencemooh Soekarno-Hatta yang saling menggabungkan diri.

Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Soekarno muda, “Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu.” Kalimat inilah yang dipegang Soekarno. Kemerdekaan itu akhirnya terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

Baca juga :

Cara Memilih Mangga yang Manis

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

Aksi Thor Saat Asgard Diancam Musuh

Belajar Dari Yakub, Seorang Penipu yang Menjadi Terberkati

Semut dan Belalang di Negeri Serangga

Mau Langsing Setelah Melahirkan? Ini Caranya

Artis di Dunia Politik dan Perselingkuhan

Ciri Orangtua yang Jadi Sahabat Anak

Sumber : 21cineplex.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami