Rekomendasi Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes
Sumber: Google

Gizi & Nutrisi / 12 November 2013

Kalangan Sendiri

Rekomendasi Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Puji Astuti Official Writer
6020

Pasti Anda sering menonton iklan berbagai produk untuk penderita diabetes. Diabetes menjadi salah satu ancaman kesehatan yang berbahaya bagi Indonesia, mengingat penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor enam di negeri ini.

Diperkirakan penderita diabetes dinegeri ini mencapai 7,6 juta orang dan hanya 41 persen yang mengetahui kondisinya dan 39 persen yang mendapatkan pengobatan, tetapi hanya 0,7 persen yang mencapai sasaran pengobatan yang tepat. Selain obat, mengatur pola makan sangat penting bagi penderita diabetes.
Rekomendasi makanan

Perlu diingat bahwa sangat penting memperhatikan nutrisi dalam makanan, terutama bagi penderita diabetes. Selain itu, jangan lupa menghitung kalori dalam makanan. Berikut adalah makanan yang disarankan:

- Korbohidrat sehat, seperti buah-buahan (terutama dengan kulit yang bisa dimakan seperti apel, anggur, dan juga yang mengandung vitamin C tinggi), sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan juga produk susu rendah lemak.

- Makanan kaya akan serat namun mudah diserap oleh tubuh. Serat pada makanan akan membantu menurunkan resiko serangan jantung dan juga mengendalikan kadar gula.

- Protein, terutama yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, sarden, dll. Walau demikian, daging tidak mengandung korbohidrat sehingga tidak meningkatkan gula darah. Untuk itu bisa mengkonsumsi daging merah rendah lemak sebanyak 2-5 ounce per hari.

- Mengandung lemak baik seperti alpukat, kacang almond, minyak zaitun ataupun canola. Hal ini juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Diabetes meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke, untuk itu ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari seperti makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans seperti yang terdapat dalam snack atau makanan yang diproses dan margarin, serta sodium tinggi.

Baca juga artikel lainnya :

Penelitian: Lebih dari 60 Penyakit Timbul Akibat Konsumsi Alkohol

Tuhan Menolong Mamaku Sembuh Dari Komplikasi Diabetes dan Stroke!

Penjual Obat Kuat Nikahi 37 Wanita dan Ingin Nambah Lagi

Mau Panjang Umur? Ikuti Kebiasaan Ini!

Ratusan Anak Belajar Firman Tuhan Lewat Superbook

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami