Awas, Diet Terlalu Ketat Bikin Cepat Tua!

Info Sehat / 7 November 2013

Kalangan Sendiri

Awas, Diet Terlalu Ketat Bikin Cepat Tua!

Yenny Kartika Official Writer
5222

Mengatur pola makan sehat adalah kegiatan mulia, karena itu merupakan sikap menghargai dan merawat tubuh yang sudah diberikan Tuhan. Pengaturan pola makan dengan cara berdiet memang tidak salah, tapi diet yang terlampau ketat bisa menyebabkan kulit menjadi tua.

Diet terlalu ketat adalah pilihan yang buruk untuk mengontrol pola makan. Penurunan berat badan akan segera diperoleh, namun itu hanya berlangsung sementara dan akhirnya tubuh menjadi lemah. Selain itu, tubuh kehilangan begitu banyak nutrisi penting (mineral, protein, dan vitamin) yang sedianya diperlukan bagi kulit dan bagian-bagian tubuh lainnya.

Salah satu kekeliruan dalam diet ketat bisa dilihat dari tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit seperti keriput, garis-garis halus, dan kulit yang kendur.

Selain bikin cepat tua, diet ketat juga mengakibatkan hal-hal berikut ini:

 

Penurunan Berat Badan Sementara

Mungkin Anda begitu senangnya saat menyadari diet Anda berhasil, namun sayangnya, hasilnya hanya sementara. Selang beberapa saat kemudian, berat badan Anda cenderung meningkat kembali. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mendapat asupan kalori yang cukup untuk pembakaran, sehingga sistem metabolisme akan menyesuaikan ke tingkat pembakaran yang lebih rendah. Akhirnya, berat badan akan cepat turun namun itu hanya berlangsung sementara. Jika diet ketat terus-menerus dilakukan, sistem metabolisme akan sulit kembali ke normal.

 

Penyusutan Otot dan Jaringan

Diet terlalu ketat bukannya akan membakar otot, melainkan menimbun lemak. Akhirnya, otot akan menjadi lemah, stamina berkurang, dan tulang-tulang menjadi rapuh.

 

Malnutrisi

Diet ketat dapat menyebabkan malnutrisi karena tubuh kekurangan karbohidrat, kalsium, protein, dan nutrisi lainnya. Kondisi ini akan melemahkan sistem imunitas. Malnutrisi gara-gara diet ketat juga bisa dilihat dari timbulnya penyakit batu empedu, rambut rontok, dan masalah kesehatan lainnya.

 

Segala sesuatu yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, tidak baik hasilnya. Oleh karena itu, demi kesehatan tubuh Anda, lakukan diet yang sewajarnya. Ingat, perut yang kempis bukan segala-galanya jika sampai harus mengorbankan bagian-bagian tubuh lainnya!


BACA JUGA:

Pilihan Diet yang Tepat dan Aman Bagi Kesehatan

5 Diet yang Buruk untuk Kesehatan

Diet dengan Puasa, Sehatkah dan Nutrisi Tubuh Terpenuhi?

Artis-artis yang Terinspirasi Diet ala Deddy Corbuzier

Manfaatkan Kekuasaan, Artis-artis ini Selingkuh dengan Pejabat

Kisah Nyata Michael Alen, Si Agen Penari Striptease

True Story of Husband and Wife Who Were Trapped in Drugs

Mencari Orang-orang Biasa

Alkitab dari Gideo Ditolak Mentah-mentah di Kampus Huddersfield

Is God A Moral Monster?

Firman Tuhan Menggema di Media

Sumber : Boldsky/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami