Sokola Rimba, Kisah Butet Cerdaskan Anak Rimba

Film Review / 1 November 2013

Kalangan Sendiri

Sokola Rimba, Kisah Butet Cerdaskan Anak Rimba

Lori Official Writer
5457

Sutradara film nasional kenamaan Riri Riza kembali berkolaborasi dengan partnernya produser Mira Lesmana dalam penggarapan filn terbaru yang mengangkat kembali cerita seputar kisah nyata. Kali ini keduanya mengangkat cerita real dari catatan harian Butet Manurung selama perjalanannya mengabdi di pedalaman Jambi.

Film Sokola Rimba ini merupakan adaptasi buku yang berjudul sama yang ditulis oleh Butet Sendiri. Tentunya Anda tak asing lagi bukan dengan buku yang satu ini? Nah, dengan konsistensi kedua pekerja film ini, mereka kembali merangkai cerita yang dibalut dengan hiburan segar ala Riri Reza dan Mira Lesmana.

Meski film ini bergenre drama, biografi namun keduanya seolah dapat menyulapnya dengan beragam keindahan dan gambaran kehidupan keseharian yang menyentuh. Riri bahkan mengakui kerja kerasnya sebagai penulis hingga akhirnya rampung dalam kurn waktu tiga bulan.

Film berdurasi 90 menit ini menghadirkan aktris berdarah Batak Prisia Nasution sebagai Butet yang berkolaborasi dengan anak-anak Rimba asli dari Hutan Bukit Duabelas, jambi. Disana pula secara penuh film ini digarap hingga selesai. Riri mengaku awalnya bersusah payah membiasakan anak rimba untuk tidak merasa asing dengan kamera.

Interaksi antara Butet dan anak dalam tersaji dengan sentuhan bahasa dialek asli suku rimba dan menyorot lingkungan hidup suku rimba sehingga menambah keindahan tersendiri bagi film ini.

Cerita ini mengulang kembali petualangan Butet Manurung yang membawa Cahaya pendidikan di tengah anak-anak suku pedalaman Rimba yang terkenal sangat terbelakang dan tertutup dengan pendidikan. Dalam penggalan ceritanya, Butet memebrikan pendidikan kepada anak-anak suku Rimba yang sekaligus memberi harapan bagi anak Rimba seperti Nyungsang Bungo yang hendak pintar. Film ini mengisahkan kehadiran Butet yang kemudian disambut sebagai sahabat bagi anak-anak Rimba.

Seperti film khas garapan Riri Reza dan Mira Lesmana, sebut saja laskar Pelangi dan Sang Pemimpi selalu dapat memberi pembelajaran tentang kehidupan keseharain masyarakat khususnya di Indonesia dengan segala problematikanya. Sokola Rimba mengajak para penonton untuk mengenal anak-anak rimba lebih dekat lewat kerinduan mereka dalam hal pendidikan serta keberadaan suku pedalaman yang terpinggirkan bangsa Indonesia.

Film ini memberi inspirasi bagi setiap orang yang tergerak untuk mau melayani dan berbagi dengan beragam suku di tengah bangsa ini untuk menyalakan pelita yang dapat mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik.

 

Sokola Rimba

Sutradara : Riri Reza

Produser : Mira Lesmana

Pemain : Prisia Nasution, Rekna Rosadi, Nadhiro Suryadi,Nyungsang Bungo, Nengkabau, Beindah

Genre : Drama, Biografi

Durasi : 90 menit

Produksi : Miles Production

Rilis : 21 November 2013

 

<iframe width="560" height="315" src="//www.youtube.com/embed/z1XUKCoYjgQ" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>


Baca Juga Artikel Lainnya:

The Hobbit: The Desolation of Smaug, Segera Menghias Layar Kaca

King's Faith, Film yang Meneguhkan Iman Pada Kristus

Obama Merosot, Putin Jadi Sosok Nomor Satu di Dunia

Sayangkan 'Sweeping' Buruh, Ahok Ajak Diskusi Bersama

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami