Sumpah Pemuda, Momen Tumbuhkan Nasionalisme Bangsa

Nasional / 28 October 2013

Kalangan Sendiri

Sumpah Pemuda, Momen Tumbuhkan Nasionalisme Bangsa

eva Official Writer
4435

Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober ini ternyata bagi sebagian pemuda Indonesia yang merantau di negeri Paman Sam memiliki arti tersendiri bagi mereka. Sebut saja, Muhamad Iman Usman, salah satu mahasiswa pasca sarjana penerima beasiswa dari Columbia University, New York. Iman mengaku bahwa dirinya bangga memperkenalkan Indonesia kepada  setiap orang yang ditemuinya di sana. “Kita sebagai negara yang besar, kita kaya sebagai sebuah bangsa dan secara individu, gue percaya bahwa gue ada di sini karena gue juga punya kapasitas. I have what it takes to be. Harapannya dengan gue belajar disini, gue ketemu dengan orang baru, gue punya resource yang lebih besar lagi untuk dikontribusiin buat Indonesia,” ungkapnya kepada VOA.

Dua mahasiswi Indonesia lainnya adalah Glenys dan Josephine yang masing-masing sedang mengambil studi Fashion Design dan Advertising Design di Fashion of Institute Technology, New York. Josephine dan Glenys mengaku bangga dengan Indonesia dan mereka ingin tetap membawa nama Indonesia. “Pastinya aku ingin balik ke Indonesia dan membawa ilmu-ilmu yang udah aku pelajari disini untuk dibawa balik ke Indonesia,” kata Josephine kepada VOA.

Hal serupa juga diungkapkan Glenys tentang kerinduannya untuk kembali ke Indonesia dan menggunakan ilmu tersebut nantinya di Indonesia.  

Sebagai bagian dari Indonesia, kita harus memaknai bahwa nasionalisme adalah proyek bersama dan bukan ditujukan untuk kepentingan tertentu. Oleh karena itu, kita perlu suatu nasionalisme yang sejati sebab “Nasionalisme yang sejati adalah nasionalisme yang bukan timbul semata-mata dari tiruan nasionalisme barat akan tetapi dari rasa cinta akan manusia dan kemanusiaan” – Soekarno.

Baca juga:

6 Pekerja Palang Merah Internasional Diculik di Suriah

Dianggap Kerasukan Roh Jahat, Seorang Gadis di Paris Hampir Tewas

Jutaan Umat Kristen Doakan Kedamaian Yerusalem

Pemerintah Florida Paksa Warganya Cabut Spanduk "God Bless America"

Gara-gara Ponsel, Wanita di Pakistan Dirajam Mati

8 Tewas Dalam Kecelakaan Bus Gereja di Tennessee

Pendeta di India ini Dipukul dan Disiksa Pada Saat Ibadah

Tips Cerdas Temukan Pasangan Lewat Media Sosial

Sumber : VOA/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami