Penampilan Rapi Pengaruhi Kesuksesan Karir (1)
Sumber: Effective-presentation-skills.net

Career / 22 October 2013

Kalangan Sendiri

Penampilan Rapi Pengaruhi Kesuksesan Karir (1)

Lori Official Writer
6203

Meskipun ungkapan familiar ‘Don’t judge book by it’s cover’ tetap berlaku, namun untuk penampilan, Anda harus pikir-pikir kembali. Pasalnya, masih banyak yang menilai seseorang lewat penampilannya. Dengan itu, penilaian awal terhadap seseorang berdampak baik bagi peningkatan karir. Percaya?

Sejumlah uraian dibawah ini akan menjelaskan hal tersebut, seperti:

Menimbulkan kesan baik di pertemuan pertama

Berdasarkan penelitian oleh Dr Albert Mehrabian dari UCLA, penampilan dan bahasa tubuh sangat mempengaruhi kesan pertama saat bertemu orang. Dengan itu, maka disarankan untuk berpenampilan wajar dan tidak berlebihan saat akan menjalani interview atau wawancara kerja dan bertemu rekan kerja.

Penampilan menyiratkan gambaran kepribadian

Percaya atau tidak, ternyata penampilan sangat menentukan pengaruh ketika seseorang berbicara. Pasalnya, penampilan dapat menggambarkan kepribadian seseorang  baik dari segi intelegensi hingga kepercayaan diri. Jadi ketika Anda dipercayakan atau ditugaskan untuk mengadakan pertemuan dengan sejumlah lembaga lainnya, perhatikanlah penampilan Anda dengan baik. Sebab penampilan Anda menentukan kehormatan tempat kerja Anda.

Meningkatkan kepercayaan diri

Penelitian menunjukkan bahwa berpenampilan rapi saat kerja dapat meningkatkan kepercayaan diri. Saat Anda sudah merasa tampil dengan maksimal, maka otomatis rasa percaya diri Anda akan timbul sehingga saat berhadapan dengan banyak orang baik di saat mengadakan presentasi di depan klien dan bos Anda, Anda dapat lebih percaya diri ditambah dengan persiapan yang matang.

Baju kerja merupakan cerminan cara menilai dan menghargai diri

Memilih pakaian yang sesuai dengan kepribadian diri adalah cara terbaik untuk memperoleh kenyamanan selama bekerja. Hal ini mencerminkan sikap kepedulian terhadap diri sendiri dan juga lingkungan. Orang lain juga tentu akan merasa nyaman dengan Anda.

Hindarilah menjadi bahan sorotan lantaran Anda berpenampilan kurang sesuai dengan situasi dan kondisi tempat kerja yang justru hanya akan menjatuhkan reputasi Anda. Anda hanya perlu berpenampilan rapi dan tidak mencolok sekalipun tak mampu membeli pakaian mahal dan mewah. Selain berpenampilan rapi, tetaplah produktif di tempat kerja, niscaya akan menolong Anda dapat meraih sukses. Percayalah!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Langkah Keliru Andalkan Uang Dalam Peningkatan Karir

Jadi Pemandu Wisata Itu Mengasyikkan!

Wow, Lowongan Kerja di Situs ini Khusus untuk Orang Cantik

Ingin Tampil Cantik? Mulai Jadi Vegetarian

Mau Sukses? Larangan Utamanya Jangan Cinta Uang

Beternak Kambing Berpotensi Besar, Kenapa Tidak?

Pikirkan Sukses Orang Lain Dapat Surutkan Energi

Sumber : Fimela.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami