Alkohol Berdampak Lebih Buruk Bagi Wanita
Sumber: Cbsnews.com

Info Sehat / 13 October 2013

Kalangan Sendiri

Alkohol Berdampak Lebih Buruk Bagi Wanita

Lori Official Writer
5874

Alkohol dapat menjadi keuntungan atau bencana bagi kesehatan. Bedanya, mengkonsumsi sedikit itu baik, tetapi akan buruk bila berlebihan. Begitu pula dengan pola konsumsi kaum adam dan hawa yang barangtentu juga berbeda, pasalnya efek buruk alkohol bagi wanita lebih besar dibanding dengan pria.

Diketahui bahwa kaum hawa akan lebih lama mengalami efek alkohol  dibanding dengan kaum adam. Seperti contoh kasus, ketika seorang pria dan wanita mengkonsumsi segelas anggur ditambah dengan jenis makanan yang sama, maka wanita akan mengalami peningkatan tekanan darah tinggi yang lebih besar dan lama dibanding pria. Hal ini diakibatkan oleh kadar air yang dimiliki wanita lebih sedikit dari pria. Dr. Marsha Morgan dari University College London Medical School mengatakan bahwa kadar air dalam tubuh wanita hanya 55 persen dibanding pria sebanyak 65 persen.

“Jika wanita dan pria yang berat badannya sama diberikan alkohol dalam jumlah yang sama, kadar alkohol dalam darah wanita tiga kali lebih tinggi,” ujarnya.

Sementara sebuah studi di Jepang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bagi wanita akan menimbulkan resiko buruk terhadap jantung, pembuluh darah serta jaringan payudara. Berbagai penyakit akan timbul dalam waktu tertentu. Dengan itu, penelitian dari Harvard Heart Letter hanya menyarankan wanita untuk meminum alkohol tidak lebih dari satu gelas sehari. Wanita hamil atau ingin segera hamil bahkan dilarang keras meminum alkohol, sebab akan berdampak buruk bagi perkembangan janin.

Alkohol tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, pun dapat menjadi awal perubahan perilaku menyimpang, tingkat emosi, gaya hidup dan kehancuran hubungan dengan lingkungan. Dari itu, katakan TIDAK pada alkohol!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Gereja Katolik Polandia 'Tolak' Toleransi Pada Pedofilia

Malala Yousafzai Tolak Kawin Paksa pada Anak

Pedrosa Unggul di Dua Sesi Latihan MotoGP Malaysia

Natalie Grant, Peraih Dove Award yang Inspiratif

Penelitian: Lebih dari 60 Penyakit Timbul Akibat Konsumsi Alkohol

Sumber : Harvard.eu | Allvoices | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami