Penelitian: Lebih dari 60 Penyakit Timbul Akibat Konsumsi Alkohol
Sumber: Duijusticelink.aaa.com

Serba-Serbi Sehat / 9 October 2013

Kalangan Sendiri

Penelitian: Lebih dari 60 Penyakit Timbul Akibat Konsumsi Alkohol

Lori Official Writer
22590

Alkohol sering kali dijadikan sebagai hidangan minuman di acara keluarga, ulang tahun, syukuran hingga hari-hari besar. Namun alkohol akan berdampak buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus dan dalam jumlah yang berlebihan.

Pelitian menemukan bahwa konsumsi minuman keras atau alkohol berdampak pada timbulnya lebih dari 60 jenis penyakit berbahaya, baik penyakit yang merusak organ  dalam dan luar tubuh. Berikut sejumlah risiko penyakit yang ditimbulkan seperti dikutip dari WebMD.com.

Penyakit Diabetes

Penelitian mengungkapkan bahwa terlalu sering mengkonsumsi alkohol dapat menimbulkan gangguan pada otak hingga resiko diabetes tipe 2. “Resistensi insulin muncul sebagai kunci cacat metabolisme yang mengarah ke diabetes tipe 2 dan penyakit arteri koroner (CAD),” ujar Christoph Buettner, MD, PhD, penulis senior studi dan Associate Professor of Medicine (Endokronologi, Diabetes dan Penyakit Tulang), Mount Sinai, AS.

Penyakit Kanker

Hal yang paling berbahaya dan tak disadari adalah berkembangnya berbagai jenis penyakit kanker di dalam tubuh seperti penyakit kanker payudara, hati, kepala, leher dan sebagainya. Gary Rogg, MD, seorang spesialis kedokteran internal di Montefiore Medical Center dan asisten professor dan asisten direktur departemen penyakit dalam di Albert Einstein College of Medicine, New York mengatakan, “Penelitian meunjukkan alkohol berkaitan dengan kanker payudara, kanker hati dan kanker lainnya”.

Demensia atau Kepikunan

Konsumsi alkohol berlebihan juga turut mempercepat kepikunan atau penyusutan kemampuan otak, sehingga lambat laun memori hilang. James C. Garbutt, MD, Profesor Psikiatri University of North Carolina di Chapel Hill School of Medicine dan Peneliti di Universitas Bowles Pusat Studi Alkohol mengatakan bahwa alkohol dapat menurunkan kemampuan otak dalam merencanakan, membuat penilaian, menyelesaikan masalah dan terganggunya fungsi utama otak sebagai kemampuan tingkat tinggi manusia.

Infeksi Penyakit Menular

Alkohol dapat menurunkan sistem imun, sehingga mudah terinfeksi penyakit menular seperti tuberculosis, pneumonia, HIV/AIDS dan penyakit seks menular lainnya. Peminum berat juga akan sangat mudah terlibat dalam hubungan seks yang sangat berisiko buruk bagi kesehatan. Jurgem Rehm, Phd, Ketua Departemen University of Toronto dan seorang ilmuwan Senior di Pusat Kecanduan dan Kesehatan Mental mengatakan bahwa peminum berat alkohol berisiko tiga kali lebih mudah tertular penyakit seksual.

Mengkonsumsi alkohol hanya demi kenikmatan di lidah atau untuk menghilangkan stres tentunya adalah jalan yang salah, maka jauhi alkohol bila Anda mencintai hidup Anda.


Baca Juga Artikel Lainya:

Detoksifikasi Bagi Pecandu Alkohol Dengan Makanan Sehat

Sulitnya Keluar Dari Kebiasaan Buruk

Cristiano Ronaldo Kampanye Anti Narkoba dan Alkohol

5 Manfaat Konsumsi Banyak Sayuran

Mengajar Anak Berkata Cukup

Sumber : WebMD.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami