Mengajar Anak Berkata Cukup

Latest News and Events / 9 October 2013

Kalangan Sendiri

Mengajar Anak Berkata Cukup

Lusiana Official Writer
2463

Memiliki anak bagi sebagian besar orang adalah anugerah. Ada pula yang mengatakan bahwa memiliki anak adalah sebuah kepercayaan. Kepercayaan untuk melakukan sebuah tanggung jawab besar, yaitu mendidik mereka agar tumbuh dengan nilai-nilai yang benar. Tantangan yang sering dialami oleh orang tua salah satunya adalah bagaimana mengajarkan anak tentang uang. Ada baiknya Anda menyimak tips berikut ini tentang mengajarkan kebenaran tentang uang atau harta kepada anak.

1.       Menghargai apa yang mereka miliki

Apakah itu mainan, baju, atau makanan, ajarkan mereka untuk menghargai semua yang mereka miliki. Dengan menganggap barang-barang itu berharga, anak akan belajar untuk merawatnya. Dengan demikian, ketika Anda mulai mempercayakan uang saku kepada mereka, berapapun nominalnya mereka juga akan mengerti bagaimana menghargainya dan tidak menganggap remeh.

2.       Memiliki sikap bersyukur

Katakan kepada anak Anda bahwa Tuhan mau kita mengucap syukur dalam segala hal (I Tesalonika 5:18). Berikan contoh hal-hal yang bisa disyukuri setiap hari seperti keluarga, kesehatan, makanan yang enak dan lain-lain.

3.       Ajarkan mereka apa arti kata ‘CUKUP’

Jika kedua hal di atas telah berhasil Anda tanamkan, mudah bagi mereka untuk mengerti bagaimana berkata cukup. Sebagai orang tua, Anda pasti ingin selalu memenuhi apa yang mereka minta. Namun Anda tentunya tidak ingin mereka bertumbuh menjadi orang yang tidak mengerti rasa cukup. Mereka akan meminta dan terus meminta. Katakan kepada mereka bahwa uang bukanlah segalanya. Jika kita bisa berkata cukup kepada diri sendiri, maka kita tidak perlu iri kepada apa yang dimiliki orang lain.

Ingin mendapatkan tips-tips lainnya  tentang mendidik anak Anda? Solusi Life akan hadir dengan topik ini besok malam, 10 Oktober 2013 di O’Channel pukul 22.00. Pastikan Anda mendapatkan pengertian yang benar bagaimana menanamkan nilai-nilai yang benar kepada anak kita sejak mereka masih muda.

Dan jika Anda rindu orang lain juga diberkati dengan tayangan-tayangan positif dari CBN, mari bergabung dengan menjadi Mitra CBN. Ini adalah kesempatan yang tepat untuk mengajarkan anak Anda bahwa salah satu ciri orang yang bisa berkata cukup adalah dengan memberi. Donasi yang Anda kirimkan setiap bulan sebagai Mitra CBN akan dipakai untuk mendukung proses produksi dan penayanag  program TV CBN serta turut memastikan layanan Konseling Center CBN ada 24 jam bagi mereka yang perlu konseling dan dukungan doa.

Jadilah Mitra CBN. Ini akan sangat menginspirasi anak Anda. Tuhan memberkati.

Halaman :
1

Ikuti Kami