Seorang Dokter India Bangun Pabrik Bayi Pertama di Dunia

Seorang Dokter India Bangun Pabrik Bayi Pertama di Dunia

Lori Official Writer
6626

Seorang Dokter wanita India bernama Nayna Patel membangun sebuah bisnis ‘surrogate mother’ atau ibu pengganti yang dibayar untuk mengandung dan melahirkan anak para pasangan Eropa dan Amerika. yang ingin punya anak.

Pabrik bayi, sebutan sejumlah kalangan yang kontra ini, membangun klinik berteknologi tinggi yang diperkirakan bernilai multi-juta dolar. Klinik yang berada di Anand ini akan digunakan sebagai tempat tinggal para ibu pengganti selama mengandung hingga melahirkan.

Terdapat 100 perempuan yang tengah mengandung dirawat oleh Nayna. Mereka mendapatkan makanan bergizi dan vitamin secara teratur. Selain itu, mereka juga harus mematuhi sejumlah peraturan yang cukup ketat terkait pada keselamatan bayi yang dikandungnya.

Para wanita ini berasal dari kalangan ekonomi rendah, lantas  terdorong menerima tawaran sebagai surrogate mother dengan bayaran yang cukup tinggi. Setiap perempuan yang disewa rahimnya mendapat tarif 8.019 dolar atau setara Rp91 Juta. Lain hal bila melahirkan anak kembar, maka bayarannya menjadi Rp115 Juta. Sementara Nayna memasok harga sebesar Rp319 Juta dari setiap pasangan yang ingin punya anak.

Banyak kritikan yang datang terkait pabrik bayi ini, lantaran dinilai sebagai bentuk eksploitasi perempuan. Namun Nayna mengklaim bahwa para surrogate mother bekerja dan mendapatkan imbalan yang pantas. “Para ibu pengganti melakukan kerja fisik dan mereka mendapat kompensasi karenanya. Tak ada keuntungan tanpa rasa sakit,” klaimnya.

Kemajuan teknologi medis di India yang murah, mendorong negara ini dengan mudah menerapkan bisnis demikian. Selain itu, kemiskinan yang menyengsarakan mendorong para wanita tersebut untuk memilih bekerja sebagai ibu pengganti.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Holly Angela, Tewas Mengenaskan di Apartemen Kalibata

Ketua Mahkamah Konstitusi Ditangkap KPK

Jokowi-Dahlan Iskan Saling Mendoakan Jadi Presiden

Resep Makanan Tradisional Kutai, Sambal Raja Rasa Spesial

Bertahan Hidup Berkat Sepotong Roti

Sumber : Kompas | Liputan6 | Jawaban.com| Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami