Kas Negara Amerika Serikat Semakin Tipis
Sumber: mitrainvestor.com

Nasional / 28 September 2013

Kalangan Sendiri

Kas Negara Amerika Serikat Semakin Tipis

Budhi Marpaung Official Writer
3518

Amerika Serikat belum benar-benar bisa keluar dari krisis ekonomi. Hal ini diketahui setelah lembaga pemeringkat internasional Moody’s Investors Service, Rabu (25/9), memberi peringatan kepada Kongres AS dan Gedung Putih terkait kas negara tersebut yang semakin menipis saja.

Jika ini tidak segera diatasi, ungkap Moody’s, bukan hanya membawa dampak kepada penghentian aktivitas pemerintahan, tetapi juga bisa menciptakan gejolak besar di pasar uang dunia.

Di tempat yang berbeda, Menteri Keuangan AS Jack Lew mengaku sudah mengirimkan surat pernyataaan ke Kongres AS. Isinya, untuk melanjutkan pemerintahan dan membayar kewajiban, Pemerintah AS memerlukan utang baru. Ini karena penerimaan negara dari pajak tidak memadai.

Menurut Lew, pagu utang yang saat ini mencapai 16,7 triliun dollar AS sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan pengeluaran pemerintah. “Jika utang baru tidak ditambah, kas negara AS akan tinggal 50 miliar dollar AS saja pada pertengahan Oktober.” Itu hanya cukup untuk membiayai pemerintahan selama tiga hari.

Ketua DPR AS John Boehner (Republikan) dalam keterangan kepada media setempat mengungkapkan bahwa pihaknya pada dasarnya siap menyetujui penambahan pagu utang. “Akan tetapi, penambahan utang harus dikompensasikan dengan penekanan pengeluaran, terutama soal program kesehatan,” kata Boehner.

Mendengar hal itu, Obama pun menegaskan bahwa dirinya tidak akan mau melakukan apa yang disyaratkan kongres AS. Pasalnya, program kesehatan untuk warga kelas bawah adalah janji yang pernah diucapkannya pada saat kampanye calon presiden AS 2012 silam. 

Apakah Kongres AS dan Gedung Putih bisa menemukan kata sepakat terkait apa yang sedang dialami oleh negara mereka tersebut? Kita lihat saja perkembangannya dalam waktu dekat ini.


Baca juga :

Pendeta Ben Daniel Ingin Kikis Islamofobia dari Amerika Serikat

Apakah Yesus Akan Menolongku ?

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)  

Johnny Harjantho, Sukses Bangun Bisnis di Singapura Dari Nol

Basmi Ketombe Dengan 3 Bahan Alami Ini !

Sumber : Kompas / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami