Buku Pertama Sekecil Nasi Dipamerkan di Skotlandia

Buku Pertama Sekecil Nasi Dipamerkan di Skotlandia

Lori Official Writer
2851

Buku terkecil pertama berjudul Old King Cole yang memiliki tinggi hanya 0.9 milimeter akan ditampilkan dalam pameran buku yang diadakan di Perpustakaan Nasional Skotlandia di Edinburgh, Skotlandia.

Buku ini dipublikasikan pertama kali pada tahun 1985 oleh Gleniffer Press. Ini adalah buku berukuran mini pertama yang pernah dicetak selama 20 tahun. Buku yang sangat unik lantaran memiliki ukuran tidak lebih besar dari nasi.

Selain buku ini, juga akan ditampilkan sebayak 85 miniatur buku dan koleksi perpustakaan hingga 17 November 2013 mendatang. Rata-rata ukuran buku miniatur ini hanya 7.5 sentimeter saja.

“Banyak diantaranya merupakan karya seni atau keajaiban teknologi dan memiliki nilai koleksi yang sangat tinggi,” ungkap Kurator Pameran James Mitchell, seperti dilansir BBC Indonesia.

Berdasarkan sejarahnya, buku miniatur ini awalnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan dari Glasgow David Bryce & Son yang mencetak buku tulisan dari Robert Burns dan sukses sejak tahun 1870 hingga masa perang Dunia I. Lalu di Skotlandia, pada akhir abad ke-20, penerbitannya dilanjutkan oleh Gleniffer Press hingga sampai beroperasi selama 40 tahun di tahun 2007 silam.

Skotlandia memang dikenal sebagai negara pencetak buku miniatur dunia. Penerbitan buku ini juga dinilai sangat membutuhkan keterampilan tinggi. Selain sebagai hasil kreatifitas yang unik, buku ini juga berhasil menjadi salah satu koleksi terbaik yang pernah ada.  


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pasukan Al-Shabab Ancam Ulangi Serangan di Kenya

Soal Intoleransi, Walikota Bogor Bisa Contoh Jokowi

Berbagai Kritikan Pedas Tentang Mobil Murah

Superbook Ada Agar Anak Indonesia Miliki Karakter Mulia

Ini Kata Ruhut Mengapa Dia Layak Jabat Ketua Komisi III

Jadi Berkat Lewat Hobi Jalan Kaki


Sumber : BBC Indonesia | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami