97 Persen Manusia Mengalami Ketombe
Sumber: Telegraf.rs

Serba-Serbi Sehat / 25 September 2013

Kalangan Sendiri

97 Persen Manusia Mengalami Ketombe

Lori Official Writer
4158

Ketombe bukanlah sesuatu yang mengancam jiwa, tetapi bagi setiap orang yang mengalaminya akan merasa bahwa hal itu sangat memalukan. Rasa malu kerap terjadi ketika serpihan-serpihan putih bertebaran diatas lengan baju berwarna hitam Anda.

Menurut statistik, orang Amerika menghabiskan lebih dari 300 Juta dollar AS setiap tahun untuk berusaha mengatasi masalah ini. Hal ini berarti bahwa ketombe dapat dikategorikan sebagai masalah yang lazim namun sangat mengkhawatirkan.

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang menimbulkan sisik-sisik berwarna putih dikulit kepala dan terasa gatal. Faktor utama penyebab ketombe ini tidak lebih dari adanya proses pergantian sel-sel kulit mati. Para peneliti juga menemukan bahwa ketombe dapat disebabkan oleh pertumbuhan berlebih sejenis ragi yang juga disebut Pityrosporum, yang tumbuh secara alami di kulit kepala. Ketombe akan muncul bila Pityrosporum lebih dari 50-74 persen.

Secara medis, hal ini benar-benar diakui, sehingga diperkirakan sekitar 97  persen manusia akan mengalaminya disuatu masa tertentu atau pada musimnya. Kondisi kulit kepala yang gatal dan mengelupas tidak selamanya merupakan gejala ketombe, bahkan terdapat beberapa masalah kulit kepala lainnya seperti psoriasis, seborrhea, rosacea dan eczema.

Beberapa faktor berikut adalah pemicu timbulnya ketombe seperti:

-Stres dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung

-Kurang vitamin B

-Diet rendah lemak

-Alergi makanan

-Penggunaan Shampoo yang bersifat keras untuk kulit kepala serta adanya paparan sinar matahari yang berlebih

Bingung bagaimana cara menyembuhkan masalah menjengkelkan ini, maka Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Konsumsi makanan yang bersih dan sehat seperti buah dan sayuran. Makanan sangat berpengaruh bagi rambut, sehingga pilihlah makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan.

2. Penuhi nutrisi vitamin B Anda. Ktombe dapat diatasi juga hanya dengan mengontrol pemenuhan nutrisi Anda.

3. Penuhi probiotik dalam diet Anda. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat ditemukan didalam yogurt dan makanan lain dengan kultur aktif didalamnya.

4. Pakailah minyak essential pada kulit kepala Anda seperti minyak Tea Tree Oil.

5. Rawat kulit kepala Anda dengan cuka. Cuka sangat bermanfaat untuk mempertahankan kadar pH kulit kepala.

Setelah mengetahui sejumlah fakta diatas, maka ketombe seharusnya bukanlah persoalan yang rumit untuk diatasi. Salah satu kunci agar terhindar dari masalah yang kerap membunuh rasa percaya diri ini adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan meningkatkan sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit. Sudahkah Anda benar-benar ingin mengakhiri masalah ketombe Anda?

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Atasi Ketombe Dengan Kenali Makanan Anda

Kacang Kedelai dan Kandungan Nutrisinya

Gunakan Kedelai Untuk Tampil Cantik dan Mulus

5 Mitos yang Dipercaya Sebabkan Rambut Rontok

Jadi Berkat Lewat Hobi Jalan Kaki

Sumber : Yahoo | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami