Suriah Minta Usul Indonesia Atasi Rusuh?
Sumber: AP

Nasional / 13 September 2013

Kalangan Sendiri

Suriah Minta Usul Indonesia Atasi Rusuh?

Lois Official Writer
2935

Pada pertemuan G-20 di St. Petersburg, Rusia, 5-6 September lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan usulan untuk mengatasi krisis di Suriah. Hal ini ternyata disambut baik. Presiden Suriah, Bashar al-Assad, bahkan meminta SBY mengirim Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa ke Damaskus untuk menjelaskan rincian inisiatif Indonesia tersebut. Hal ini disampaikan oleh Menlu Suriah Walid al-Muallem melalui telepon kepada Marty.

Ada tiga pandangan yang disampaikan SBY saat itu yaitu penuntasan konflik sesegera mungkin; bantuan kemanusiaan; dan pengutamaan penyelesaian politik yang transparan, demokratis, dan kredibel sesuai dengan keinginan rakyat Suriah. Pandangan ini disampaikan SBY dalam suratnya kepada Assad. Kapan akan dilakukan? “Belum pasti. Masih harus di-arrange.” tutur Marty seperti yang dirilis tempo.co.

Panasnya Suriah membuat dunia terbelah dua. Amerika Serikat dan sekutunya, seperti Inggris dan Perancis, mendesak agar dilakukan serangan militer terhadap Suriah. Rezim Assad dituding menggunakan senjata kimia untuk mengatasi perlawanan yang akhirnya menewaskan 1.429 orang. Namun sebagian lagi tidak menginginkan keterlibatan militer. Belakangan, Suriah menerima usul Rusia, yang merupakan sekutunya, untuk menyerahkan pengelolaan senjata kimia dalam pengawasan dunia internasional.

Sebagai informasi tambahan, tim penyelidik PBB sudah melakukan penyelidikan di Ghouta Timur, yang disebut sebagai lokasi serangan senjata kimia. Mereka baru akan melaporkan hasil penyelidikan itu pada pekan ini. Hasil ini untuk menunjukkan ada tidaknya penggunaan senjata kimia, bukan siapa pelakunya.

Kita tentu berharap konflik Suriah cepat selesai karena ada banyak pihak yang tidak berdosa menjadi korban di sana. Kita melihat bagaimana banyak manusia yang telah menjadi mayat bergelimpangan. Kita harapkan konflik segera berakhir dan Suriah kembali aman. Mari berdoa bagi Suriah.

 

Baca juga :

Cronut, Pastry yang Membuat Orang Rela Antri

Hadiah Untuk Anak dan Saat yang Tepat Memberikannya

Kualitas yang Menentukan Cara Hidup

Mitos Seputar Kerontokan Rambut dan Kebenarannya

Selamatkan Usaha Anda dari Ancaman Krisis

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)  

Ayah, Mengapa Kau Memukulku ?

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami