Harga Kedelai Naik, Produsen Tahu Tempe Mogok
Sumber: Republika.co.id

Nasional / 10 September 2013

Kalangan Sendiri

Harga Kedelai Naik, Produsen Tahu Tempe Mogok

Lori Official Writer
3891

Produsen tempe dan tahu di seluruh Indonesia melakukan aksi mogok selama tiga hari sejak Senin (9/9) hingga Rabu (10/9) esok. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga kedelai yang masih belum mengalami penurunan sejak Agustus 2013 lalu.

Aksi mogok ini merupakan hasil keputusan dari rapat koordinasi Pusat Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Puskopti) pada 31 Agustus hingga 1 September 2013 lalu. Puskopti mengajak para produsen untuk menghentikan produksi selama tiga hari ini.

Sejumlah pengrajin tempe tahu mengeluhkan besarnya kerugian yang mereka alami akibat aksi mogok ini. “Rugi jelas lah rugi. Karena tidak ada pemasukan, malah pengeluaran yang banyak, untuk gaji karyawan,” tandas Slamet Riyadi, Sekretaris Bidang Usaha Primkopti, Jakarta Pusat, seperti dilansir Kompas.com, Senin (9/9).

“Kerugiannya hampir Rp10 juta. Dalam sehari bisa dapat omzet Rp2.7 juta. Labanya Rp400.000 sampai Rp500.000,” tambahnya.

Namun kerugian atas aksi mogok ini diterima para pengrajin sebagai upaya untuk menyelamatkan keberlangsungan usaha tersebut di kemudian hari. Para pengusaha tahu tempe mendesak pemerintah untuk segera turun tangan mengatasi lonjakan harga kedelai dimana Indonesia masih mengandalkan impor luar Negeri.

Memasuki bulan September, harga yang sebelumnya masih berkisar Rp7500 per kilogram, kini telah mencapai Rp9500 per kilogram. Sehingga berdampak pada penurunan permintaan pasar juga berdampak  kepada penurunan jumlah produksi.

Ketergantungan Indonesia terhadap impor kacang kedelai disinyalir sangat berdampak kepada kenaikan harga. Sehingga sangat dianjurkan pengurangan terhadap impor yang harusnya dikembalikan ke sektor pertanian dengan pemberdayaan kedelai dalam Negeri.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Gerilyawan Suriah Rebut Kendali Kota Kristen, Maaloula

Masih 13 Tahun, Harusnya Dul Belum Dapat Izin Mengemudi!

Ibu Ditangkap di Cina Karena Menyusui Bayinya Sambil Bersepeda

KPAI : Kasus Kecelakaan Dul Dapat Diproses Secara Hukum

KPAI dan Kak Seto Digandeng Usut Kasus Anak Ahmad Dhani

Tuhan Melihat Kesetiaan Anda

Sumber : Kompas | VOA | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami