Demi Hemat BBM, Pejabat India Perintahkan Jalan Kaki ke Kantor

Demi Hemat BBM, Pejabat India Perintahkan Jalan Kaki ke Kantor

Puji Astuti Official Writer
4951

Perduli dengan kondisi bangsanya, India yang memiliki beban perekonomian yang sangat besar karena impor bahan bakar minyak (BBM), sebuah distrik di negera bagian Bihar membuat langkah nyata untuk penghematan BBM dengan berjalan kaki ke kantor pada pekan pertama setiap bulannya.

"Sebuah langkah kecil untuk mengubah dunia," demikia ungkap pejabat distrik Kaimur Arvind Kumar Singh tentang aturan yang dibuatnya itu.

Selain berjalan kaki ke kantor, dalam surat himbauan resminya, Kaimur Arvind juga meminta para pegawai menggunakan kendaraan umum seperti bus dan kereta saat harus ke ibu kota negara bagian, Patna. Para pegawai juga diminta mematikan generator listrik di kantor maupun rumahnya pada jam makan siang, yaitu pukul 13.00 hingga 15.00 setiap harinya.

Kaimur bukan hanya memberi perintah namun juga memberikan teladan dengan berjalan kaki sejauh empat kilometer dari rumahnya ke kantor. Ia memperkirakan jika aksi jalan kaki dan mematikan generator tersebut dilaksanakan dengan baik, setiap bulannya lebih dari 1000 liter BBM dapat dihemat.

Langkah distrik Bihar melakukan disiplin pribadi untuk menghemat BBM ini murupakan yang pertama kali. Kaimur Arvind berharap tindakannya tersebut dapat membantu negaranya dan bisa dijadikan contoh oleh negara bagian lainnya.

Kepedulian kepada bangsa dan negara tidak cukup diungkapkan dengan kata-kata, namun juga harus dengan tindakan nyata. Hal kecil seperti berjalan kaki dan mematikan lampu dapat berdampak besar kepada perekonomian negara jika dilakukan secara bersama-sama. Semoga hal ini bukan hanya memberi inspirasi bagi India, namun juga masyarakat Indonesia.

Baca juga artikel lainnya :

Hidup Sehat Dengan Berjalan Kaki

Pesulap Raymond Chow : BBM Naik, Punya Mindset Berbeda

BBM yang Sedianya Bisa Dipakai, Berkurang Jelang Sibuknya Mudik

Kiat Sukses Memulai Usaha Dagang Sembako

Jutaan Orang Perebutkan 60.000 Lowongan CPNS 2013

Percaya Atau Tidak, Mujizat Terjadi Setiap Hari

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami