Hidup Sehat Dengan Berjalan Kaki

Serba-Serbi Sehat / 3 September 2012

Kalangan Sendiri

Hidup Sehat Dengan Berjalan Kaki

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4330

Kesibukan membuat kita kerap melalaikan olahraga. Bahkan perkembangan alat transportasi membuat kita cenderung lebih memilih menggunakan alat transportasi dibanding berjalan kaki, walaupun mungkin jarak yang ditempuh tidaklah terlalu jauh. Padahal, berjalan kaki adalah salah satu jenis olahraga ringan yang memiliki banyak manfaat sama seperti jenis olahraga lainnya.

Menurut para ahli, olahraga jalan kaki dapat menjadi pembakar lemak yang efektif. Selain itu, dengan kecepatan berjalan yang stabil selama 30-45 menit, diyakini dapat mengurangi risiko kanker payudara dan diabetes. Berikut beberapa hal yang dapat diambil manfaatnya dari berjalan kaki :

Jalan kaki dapat menyehatkan sistem kardiovaskular. Misalnya menormalkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, hingga menyehatkan jantung.

Berjalan juga menjadi cara efektif dalam memperkuat tulang. Dengan jalan kaki 30 menit per hari, dapat meningkatkan kepadatan tulang dan memperlama pengeroposan tulang pada kaki, tulang belakang, dan pinggul.

Dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Hal ini bukanlah isapan jempol semata. Anda bisa membuktikan dengan mengambil waktu untuk berjalan pada waktu atau tempat dengan udara segar untuk memperoleh rasa rileks yang tinggi pada pikiran Anda. Stres yang dirasakan hilang dan semangat akan kembali lagi.

Untuk mencegah diabetes tipe 2, lakukan jalan kaki minimal 150 menit per minggu. Demikian menurut sebuah studi. Pula diberitakan bahwa berjalan kaki lebih aman dibanding dengan berlari. Pasalnya, berjalan lebih bisa menjaga kebaikan lutut dan sendiri dari cedera. Selain kanker payudara, jalan kaki juga menurunkan risiko kanker usus besar.

Menjaga kesehatan adalah salah satu respon baik kita kepada Tuhan sebagai bentuk pengucapan syukur atas hidup kita. Karena itu, marilah kita menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan ini.

Sumber : sidomi/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami