Kenali Penyebab Kebotakan Pada Pria
Sumber: mensxp.com

Serba-Serbi Sehat / 3 September 2013

Kalangan Sendiri

Kenali Penyebab Kebotakan Pada Pria

Puji Astuti Official Writer
8910

Selain wanita, sebagian pria juga mengalami masalah dengan kerontokan rambut. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari stres hingga kekurangan nutrisi. Selain membuat frustrasi, kerontokan rambut juga bisa menurunkan rasa percaya diri pada diri seorang pria, untuk itu tidak bisa dianggap enteng.

Penyebab umum kerontokan rambut

Stres : Kita semua menghadapi stres dan tekanan dalam hidup. Gaya hidup kita memiliki efek langsung pada rambut kita. Kebanyakan pria mengalami kerontokan rambut karena mengalami ketegangan dan kecemasan. Mengatur gaya hidup yang sehat seperti tidur tepat waktu, mengurangi konsumsi arkohol, dan makan makanan yang sehat akan membantu memperbaiki kondisi rambut Anda.

Merokok : Mungkin aneh kedengarannya mengaitkan rokok dengan kerontokan rambut. Namun rokok dapat menyebabkan pembuluh darah pada tubuh mengecil, dan akibatnya aliran darah yang menuju rambut berkurang, akhirnya membuat rambut akhirnya mati. Jadi, jika ingin menjaga rambut Anda tetap lebat, pastikan untuk berhenti merokok mulai saat ini juga ya.

Diet : Diet juga berperan besar sebagai penyebab kerontokan rambut. Makan makanan yang sehat dengan gisi dan nutrisi yang seimbang akan membuat rambut Anda tumbuh sehat. Sebaliknya, diet ketat yang menyebabkan berkurangnya asupan nutrisi dan kalori, akan membuat rambut kekurangan vitamin yang dibutuhkan untuk bertumbuh sehat. Untuk itu sangat penting mengkonsultasikan rencana diet Anda dengan dokter ahli.

Ketidakseimbangan Hormon : Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, seperti kelenjar tiroid yang kurang aktif atau sebaliknya terlalu aktif.

Konsumsi obat : Pengobatan dalam jangka panjang akan mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, termasuk rambut. Seperti mengkonsumsi obat antidepresan dapat menyebabkan rambut rontok. Sebuah efek samping yang umum dialami pengguna antikoagulan (pengencer darah) adalah rambut rontok.

Perawatan

Untuk mengatasi kerontokan rambut, harus disesuaikan dengan penyebabnya dan juga kebutuhannya. Jika konsumsi obat menyebabkan rambut rontok, maka dokter Anda bisa mengganti obatnya. Untuk itu sangat penting mengenali apa yang menjadi penyebab rontoknya rambut.

Selain itu pastikan Anda menjaga gaya hidup sehat, makan-makanan yang bergizi seimbang dengan vitamin yang cukup serta minum air putih 8 hingga 10 gelas setiap harinya. Hal ini akan menjaga rambut Anda tetap sehat dan lebat.

Baca juga artikel lainnya :

Nutrisi Rahasia Untuk Hindarkan Rambut Rontok

Berbagai Penyakit yang Picu Rontoknya Rambut

Kurang Gizi Sebabkan Rambut Rontok

Pendeta ini Larang Jemaatnya untuk Menggelombangkan Rambut

Cukup dengan 4 Helai Rambut, Anda Tahu Kesehatan Rambut Anda

Perdagangan Adalah Permainan Keahlian

Dapatkan FREE TICKET Launching Superbook!

Sumber : Mensxp.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami