Henny Widjaja, Sukses Menjadi Pebisnis Abon Pedas
Sumber: Kontan.co.id

Career / 19 August 2013

Kalangan Sendiri

Henny Widjaja, Sukses Menjadi Pebisnis Abon Pedas

Lori Official Writer
4717

Abon cabe Ninoy Abon Cabe yang dikenal luas dipasaran ternyata adalah hasil olahan tangan seorang Henny Widjaja. Wanita ini merupakan pebisnis sukses dalam bidang makanan olahan abon pedas yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Lewat bisnis ini, wanita penyuka pedas ini telah memperluas jaringan dagangnya hingga manca negara.

Awal memulai bisnis ini, ia mengaku hanya bermodalkan keinginan dan coba-coba. Latar belakang bakat dan pendidikan justru sangat bertolak belakang dengan bisnis yang ia sedang geluti. Henny bukanlah seorang yang pintar dalam memasak, justru sebaliknya, ia malah harus menjalankan bisnis salon keluarga hingga memperdalam pengetahuannya dalam bidang kecantikan ke Inggris.

Sembari menggeluti pekerjaannya sebagai peñata rias, Henny pun terinspirasi untuk mencoba mengolah sambal yang pernah ia dapat dari seorang teman. Hingga akhirnya ia berhasil meracik makanan yang diberi nama abon cabai kering ini.

Untuk kali pertama produksinya, Henny hanya membuat 1 kg abon pedas dan dipasarkan kepada teman-temannya. Alhasil, abon buatannya digemari dan habis terjual. Sejak saat itu, ia mulai meningkatkan penjualannya. Dari waktu ke waktu, permintaan akan abon tersebut meningkat drastis. Saat berkisar di tahun 2000, Ninoy Abon Cabe melejit tinggi.

Produksi dalam partai besar, mendorong perempuan kelahiran Jakarta, 21 Juli 1974 ini untuk menjualnya lewat agen-agen yang dapat terhubung diberbagai wilayah di Indonesia.

Wanita beranak satu ini pun mengakui bahwa berkat agen-agen tersbeut, Ninoy Abon Cabenya dapat menembus pasar Eropa, Korea Selatan dan Dubai. Namun tak lama sejak kesuksesan itu, para pesaing-pesaing baru kemudian bermunculan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan abonnya. Ia mengakui sempat mengalami penurunan penjualan dari 1000 kg per bulan menjadi 60 kg. Bahkan para agen pun banyak yang akhirnya beralih ke merek yang lain. Namun berkat konsistensinya dalam menjaga kualitas abon, konsumen tetap kembali memilih Ninoy Abon Cabe, hingga sejak 2011, bisnis abon cabe Henny kembali lagi bangkit.

 

Pesan yang Didapatkan dari Kisah Sukses ini adalah: kesuksesan tidak selamanya sejalan dengan bakat yang kita miliki. Namun justru lewat sikap mau memulai dan mencoba dengan gigih dapat memberi hasil yang kita tidak pernah pikirkan. .


Baca Juga Artikel Lainnya:

Lai Moi, Sukses Berkat Usaha Cendol

Lianna Gunawan, Sukses Lewat Sepatu Batik La Spina Yang Mendunia

Roma Girsang, Sulap Ulos Jadi Buah Tangan Khas Medan

Billy Boen, Pembuat Onar yang Kini Sukses Jadi Pengusaha Muda

Kumpulan Renungan Profesional Bisnis Google, Microsoft, Coca-Cola dll

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami