Copilot Garuda Diduga Gunakan Narkoba, Terancam Dipecat
Sumber: kitacommunity

Nasional / 8 August 2013

Kalangan Sendiri

Copilot Garuda Diduga Gunakan Narkoba, Terancam Dipecat

Puji Astuti Official Writer
3055

Setelah terindikasi menggunakan narkoba pada Senin (3/8) lalu, seorang copilot asing dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia terancam dipecat.

Pihak manajemen Garuda menegaskan bahwa copilot asal Brazil bernama Victor Lopes Munos yang terdeteksi menggunakan narkotika jenis amphetamine dalam tes urine yang digelar Badan Narkotika Provinsi Sulsel di Bandara Hasanuddin, Makassar saat ini telah dinonaktifkan dan menjalani pemeriksaan.

"Pak Emirsyah Satar (Dirut Garuda) sudah berkali-kali menegaskan Garuda akan memecat siapa pun yang terlibat dengan narkoba. Baik itu pilot, awak kabin, maupun karyawan biasa. Kalau Munoz positif sabu langsung kita pecat," demikian penjelasan VP Corporate Communication Garuda, Pujobroto yang dikutip oleh JPNN.com, Selasa (6/8) lalu..

Munoz akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut pada 12 Agustus mendatang, karena para petugas yang akan melakukan pemeriksaan sedang cuti bersama. Munoz selanjutnya akan menjalani pemeriksaan residu narkoba di rambut dan darah. Jika terbukti mengkonsumsi narkoba maka ia akan terancam dipecat, ijin terbangnya dicabut dan larangan terbang selama dua tahun.

Terungkapnya kasus Munoz ini karena BNP Sumsel bersama Kementerian Perhubungan melakukan pemeriksaan awak penerbangan berkaitan dengan mudik lebaran tahun 2013. Pihak Garuda mengaku juga melakukan pemeriksaan ada awak pesawatnya, hanya prosedurnya dilakukan secara acak dan rutin dilakukan setiap bulan.

Kasus pilot menggunakan narkoba ini bukanlah pertama kalinya terjadi, pada tahun 2011 dan 2012 lalu kasus serupa juga dialami oleh maskapai penerbangan Lion Air. Jika pilotnya dalam kendali narkoba, tentu membahayakan para penumpanganya. Hal ini perlu diantisipasi lebih baik lagi oleh para penyedia jasa penerbangan, selain juga inspeksi dari pemerintah, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap jasa transportasi udara tetap kuat.

Baca juga artikel lainnya:

DPR : Ada Pabrik Narkoba di Lapas Sungguh Memalukan

 

Lagi, Pilot Nyabu Sebelum Terbang, Inikah Kondisi Dunia Transportasi Indonesia?

Eks Pramugari Klaim 6 Dari 10 Pilot Adalah Pengguna

Joanna Alexandra Berburu Tips Jadi Pengusaha

Mau CD Album Jonathan Prawira dan WOW HITS 2012 Gratis?

Sumber : JPNN.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami