Lagi, Pilot Nyabu Sebelum Terbang, Inikah Kondisi Dunia Transportasi Indonesia?

Nasional / 4 February 2012

Kalangan Sendiri

Lagi, Pilot Nyabu Sebelum Terbang, Inikah Kondisi Dunia Transportasi Indonesia?

Puji Astuti Official Writer
4091

Dunia transportasi Indonesia kembali dibuat heboh, kali ini kembali seorang pilot dari maskapai penerbangan Lion Air tertangkap saat memakai narkoba jenis sabu. Pilot yang berinisial SS tersebut ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) hanya 2,5 jam sebelum ia bertugas untuk menerbangkan pesawat ke Ujung Pandang dan Balikpapan.

Pilot SS ditangkap di Hotel Garden Palase, Surabaya pada hari Sabtu (4/2) pukul 03.30 WIB. Di dalam kamar tersebut SS bersama tiga orang pilot lainnya, namun hanya SS yang terbukti positif menggunakan narkoba setelah menjalani tes urine.

Menurut pihak BNN, penangkapan SS ini adalah pengembangan dari kasus penangkapan pilot Lion Air di Makassar pada 10 Januari 2012 lalu. Sebelumnya, pada pertengahan 2011, seorang pilot Lion Air bernama Muhammad Nasri juga tetangkap sedang pesta sabu bersama rekannya Husni Thamrin yang merupakan seorang kopilot dan juga Imron. Mereka bertiga ditangkap di Apartemen The Colour Modernland, Tangerang. Selain pilot, awak Lion Air bernama Winnie Raditya juga pernah ditangkap polisi karena kedapatan menyimpan sabu di pakaian dalamnya.

Tindakan tidak bertanggung jawab dari pilot dan awak Lion Air ini tentu meresahkan masyarakat. Jika Dirjen Perhubungan tidak melakukan tindakan tegas kepada pelaku dan maskapai tentunya kepercayaan masyarakat kepada transportasi udara akan menurun drastis. Pengawasan ketat kepada awak dan pilot yang bertugas perlu dilakukan, sebab jika terjadi kelalaian sedikit saja, dapat berakibat fatal bagi para penumpang.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami