Sanitasi Yang Bersih Tingkatkan Kesehatan dan Pertumbuhan Anak

Nasional / 5 August 2013

Kalangan Sendiri

Sanitasi Yang Bersih Tingkatkan Kesehatan dan Pertumbuhan Anak

daniel.tanamal Official Writer
6287

Riset yang mengolah data global dibeberapa negara memperlihatkan bahwa ada bukti peningkatan tinggi badan anak di bawah usia lima tahun sebesar 0,5 cm yang hidup di lingkungan dengan sanitasi yang bersih. Artinya akses terhadap air bersih dapat meningkatkan tumbuh kembang anak.

Bukti dari 14 penelitian yang melibatkan 10.000 anak ini didapat dari ulasan yang dikenal dengan ulasan Cochrane dengan studi yang dilakukan  di Bangladesh, Etiopia, Nigeria, Chili, Guatemala, Pakistan, Nepal, Afrika Selatan, Kenya, dan Kamboja.

Alan Dangour, seorang nutrisionis kesehatan publik di LSHTM yang juga pemimpin penelitian ini mengatakan penyediaan air bersih, sanitasi, dan kebersihan adalah cara yang efektif untuk mengurangi kematian akibat diare. "Ini adalah pertama kalinya ada bukti yang mendukung teori bahwa penyediaan sanitasi air dan kebersihan dapat meningkatkan pertumbuhan," katanya kepada BBC.

Dia mengatakan ada hubungan yang jelas antara anak yang meminum air kotor, penyakit diare dan pertumbuhan yang buruk. Pasalnya, penyakit yang diderita berulang kali pada anak usia dini dapat mengganggu pertumbuhan.

Saat ini dilaporkan sebanyak 265 juta anak di dunia terhambat tumbuh kembangnya dengan implikasi kesehatan jangka panjang. Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri, pertumbuhan tinggi badan yang buruk, atau pengerdilan, mempengaruhi 165 juta anak di seluruh dunia. Ini meningkatkan risiko kematian dan mengurangi produktivitas di masa dewasa.

 

Baca Juga Artikel Lain:

Fragmen Salib Yesus Ditemukan di Turki?

Istri Mantan Presiden RI Sahur Bersama di Gereja

Waspada Konflik, Pemimpin Agama Myanmar Berkumpul

Penggunaan Alkohol Berlebihan Timbulkan Kekacauan di Australia

Pasangan Ini Adakan Resepsi Pernikahan Sederhana di McDonald's

Sumber : BBC
Halaman :
1

Ikuti Kami