Strategi Jitu Keuangan Pasca Hari Raya

Entrepreneurship / 2 August 2013

Kalangan Sendiri

Strategi Jitu Keuangan Pasca Hari Raya

Yenny Kartika Official Writer
4140

Hari raya Lebaran atau Idul Fitri merupakan salah satu momen perayaan besar yang diperingati oleh mayoritas rakyat Indonesia. Namun, menurut perencana keuangan Safir Senduk, hampir semua keluarga menengah di Indonesia mengalami problema keuangan yang sama pasca Lebaran: kekurangan, bahkan kehabisan uang tunai.

Untuk menghindari kondisi tersebut, berikut ini tipsnya:

#1 Kurangi pengeluaran selama 1-2 bulan ke depan. Buatlah keputusan untuk tidak mengeluarkan uang untuk keinginan semata.

 

#2 Cari penghasilan tambahan yang cepat memberi hasil. Misalnya, menjual keahlian dengan menjadi freelancer. Anda bisa menjadi guru les, blogger profesional, atau pengelola toko online.

 

#3 Tunda pembelian investasi asset berwujud dan barang konsumtif yang bernilai besar. “Anda akan menghemat uang dalam jangka waktu pendek,” kata Safir.

 

#4 Cairkan sebagian investasi, bila perlu. Dengan demikian, Anda punya persediaan uang tunai.

 

Di sisi lain, pengaturan budget merupakan hal yang penting sebelum menikmati liburan dan mudik Lebaran. Eko Indarto, perencana keuangan independen dari Finansia Consulting mengingatkan bahwa hari raya seperti Lebaran bisa jadi bencana jika tidak becus dalam mengelola uang. “Intinya, bagaimana belanja yang efektif, bagaimana mengelola THR-nya, dan bagaimana agar liburan hari besar di tempat lain dengan kendaraan pribadi menjadi kegiatan yang nyaman saat dilakukan dan selamat, tidak tekor apalagi menambah hutang,” jelas Eko.

 

BACA JUGA:

Kesalahan Keuangan yang Dibuat Wanita

Agar Cepat Dapat Kerja, Buang Gengsi Anda!

Ternyata Bermain di Kantor Banyak Manfaatnya

Pijatan, Salah Satu Ungkapan Sayang pada Bayi

Panggilan Raditya Oloan dan Andy Otniel di Dunia Presenter

Sumber : Reader's Digest | Otomotifnet.com | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami