Alkohol Tidak Menghilangkan Stress

Info Sehat / 1 August 2013

Kalangan Sendiri

Alkohol Tidak Menghilangkan Stress

Yenny Kartika Official Writer
10901

Anggapan bahwa minum alkohol dapat menjadi pereda atau penghilang stress sebetulnya keliru. Para ahli dari Drinkaware memperingatkan bahwa alkohol cenderung memperburuk keadaan.

“Alkohol bisa menjadi ‘teman palsu’ ketika Anda mencoba untuk mengatasi stress,” kata Siobhan McCann, ketua kampanye dan komunikasi di Drinkaware..

Dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang dewasa berusia 30-45 tahun, diperoleh hasil sebanyak 44 persen responden yang mengonsumsi alkohol, bahkan sebelum pulang kerja. Stress dan hari yang buruk di tempat kerja menjadi alasan utama mereka mengonsumsi alkohol.

Banyak atau seringnya seseorang minum tidak dapat menjadi acuan seseorang mengalami masalah serius. Pasanya, seseorang yang minum hanya 1 atau dua takar sepulang kerja, misalnya, justru bisa mengalami masalah alkohol yang lebih parah dibandingkan dengan mereka yang ‘cuma’ minum sampai mabuk di akhir pekan.

Emily Robinson, direktur kampanye masalah alkohol, menyatakan bahwa banyak orang yang menggunakan alkohol untuk bersantai, tetapi kebiasaan itu justru dapat menyebabkan lebih banyak masalah.

“Meskipun alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, tetapi kualitas tidur Anda bisa jadi tidak terlalu baik. Alkohol memiliki efek depresan sehingga akan memperburuk perasaan cemas dan membuat Anda merasa lebih stress,” kata Robinson.

Dia juga menambahkan, “Apa yang mengkhawatirkan adalah bahwa minum alkohol di rumah secara teratur dapat membentuk kebiasaan dan menyebabkan kecanduan.”

Mengkonsumsi alkohol sama sekali tidak keren atau tampak macho. Di balik setenggak alkohol, ada bahaya-bahaya yang mengintai, seperti kerusakan fungsi otak, jantung, ginjal, mengalami cacat dan kerusakan janin, bahkan kematian.

Efek alkohol yang membuat penggunanya mabuk (trance), berhalusinasi, dan tidak dapat mengontrol diri, menunjukkan bahwa ia lemah, pengecut, dan kekanak-kanakan. Alkohol bukanlah penghilang stress. Dia justru merupakan racun bagi tubuh dan jiwa.

 

BACA JUGA:

Alkohol Sebabkan Maraknya Pelecehan Seksual di Militer AS

Langkah-langkah untuk Lepas dari Kecanduan

Demi Obat Penenang, Satu-persatu Bagian Tubuhku Kupotong

Kista di Rahim Tidak Menghalangi Mujizat Tuhan

The Smurfs 2, Saatnya Dunia Bersmurfria Kembali

Happy Morning, Pengusaha yang Berhasil Selalu Bangun Lebih Pagi

Sumber : health.kompas.com & poztmo.com
Halaman :
1

Ikuti Kami