Langkah-Langkah Untuk Lepas Dari Kecanduan

Kata Alkitab / 19 October 2012

Kalangan Sendiri

Langkah-Langkah Untuk Lepas Dari Kecanduan

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
15120

“untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

(Lukas 4: 19)

Hampir semua orang, entah mereka Kristen maupun non-Kristen, mempunyai pergumulan dan masalah yang sama, yaitu berjuang melawan kebiasaan-kebiasaan buruk, termasuk berusaha untuk lepas dan pulih dari kecanduan hal-hal yang negatif.

Menurut Arthur T. Horvart kecanduan adalah suatu kegiatan yang dilakukan berulang kali dan sangat didambakan untuk dialaminya lagi, dan jika perlu orang tersebut bersedia berkorban, meskipun menimbulkan dampak atau konsekwensi yang negatif.

Sedangkan Bowman menyatakan bahwa kecanduan atau adiksi dapat dibagi menjadi dua:

  1. Kecanduan terhadap suatu barang. Contoh kecanduan barang adalah kecanduan terhadap rokok, alkohol, dan obat-obatan atau narkoba.
  2. Kecanduan terhadap proses kegiatan. Merupakan kecanduan terhadap sebuah aktivitas, seperti berjudi, melihat pornografi, kecanduan yang berkaitan dengan prilaku seksual, kecanduan makan atau kecanduan main games

Menurut iman Kristen, dosa dan pekerjaan setan merupakan penyebab utama seseorang bisa sampai kecanduan, atau keterikatan atau mengalami sakit penyakit hingga berbulan-bulan. ([kitab]matiu8:16[/kitab])

Alkitab mengatakan bahwa semua manusia sudah berdosa dan di bawah hukuman ([kitab]0roma3:23[/kitab]; [kitab]yohan3:19[/kitab]; [kitab]yohan12:31[/kitab]). Hal inilah yang menjadi dasar yang kuat bagi iblis dan setan-setan untuk menguasai jiwa manusia. Ditambah lagi dengan dosa pribadi dan dosa yang diwariskan nenek moyang maupun orang tua kita.

Pada tahap tertentu iblis serta setan dapat mengikat kehidupan seseorang. Dalam kondisi yang terikat itu manusia akan cenderung untuk melakukan kehendak iblis ([kitab]iitim2:26[/kitab])

Tahukah Anda kalau selama ini manusia selalu kalah dengan iblis. Manusia tertuduh, frustasi, lemah dan tak berdaya oleh karena dosa-dosanya. Sebelum kedatangan Yesus Kristus ke dunia belum ada orang yang buta memperoleh kesembuhan dan kembali melihat, belum ada orang tuli yang kembali mendengar dan belum ada orang yang bisu kembali berkata-kata. Bahkan lebih dasyat lagi Alkitab menjelaskan bahwa setan-setan dan roh-roh jahat pergi ketakutan ketika diusir Tuhan Yesus, yang adalah terang dunia.

Namun demikian Tuhan Yesus menunggu respon positif manusia dan langkah nyata dari orang-orang yang percaya dan mau dipulihkan. Sama seperti wanita pendarahan yang berani melangkah mendekat pada Tuhan Yesus.

Enam langkah penting untuk mengalami kelepasan dan kesembuhan:

  1. Bersikap jujur, dan mengakui bahwa Anda perlu kelepasan dan kesembuhan dari Tuhan Yesus ([kitab]yakob5:16[/kitab])
  2. Mau mengampuni bila ada kepahitan dan luka hati ([kitab]matiu6:14[/kitab])
  3. Jangan mengeraskan hati melainkan tunduk pada Allah ([kitab]ibran3:7-8[/kitab]; [kitab]yakob4:7[/kitab])
  4. Mau berseru memohon belas kasihan Tuhan Yesus ([kitab]0roma10:13[/kitab])
  5. Mau merendahkan diri kepada Tuhan dan manusia dengan rela dibimbing dan ikut pertemuan-pertemuan ibadah ([kitab]yakob4:8[/kitab])
  6. Mau hidup dalam komunitas yang positif ([kitab]itimo4:8[/kitab]; [kitab]ibran10:25[/kitab]; [kitab]iyoha1:7[/kitab])

Ini saatnya firman Tuhan digenapi bagi keluarga Anda yang membutuhkan kesembuhan, kelepasan dan pemulihan. Beritahukan artikel ini kepada mereka sehingga mereka mengalami kelepasan dan kesembuhan.

Sebab Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Sumber : jawaban.com l jp.simamora
Halaman :
1

Ikuti Kami