DPRD Usik Jokowi Soal KJS, Rakyatpun Bertindak
Sumber: kompas.com

Nasional / 30 May 2013

Kalangan Sendiri

DPRD Usik Jokowi Soal KJS, Rakyatpun Bertindak

Lois Official Writer
4723

Permasalahan Kartu Jakarta Sehat (KJS) terus menimbulkan gejolak. DPRD DKI Jakarta tetap ingin menggunakan hak [kamus]interpelasi[/kamus] untuk meminta pertanggungjawaban Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Menurut DPRD, menilai pemerintah Provinsi DKI terlalu terburu-buru dalam memberlakukan KJS yang sistemnya belum matang apalagi peluncuran KJS tidak tertulis dalam anggaran tahun 2012. Namun, dukungan untuk Jokowi terus mengalir. Tidak hanya PDIP dan Partai Gerindra, warga DKI pun menyatakan dukungannya melalui sosial media ataupun langsung turun ke jalan.

Muncul Gerakan Tolak Interpelasi di Twitter

Dengan membuat hastag #RakyatBerhakSehatREMAJATolakHakInterpelasiKJS, warga dengan lantang menolak rencana DPRD DKI Jakarta. Mereka menuliskan berbagai pendapat, mulai dari mengkritik DPRD sampai menulis daftar anggota DPRD DKI pengusul interpelasi tersebut.

Petisi Bubarkan DPRD

Petisi yang dibuat oleh akun landry arieffianto ini muncul di website change.org, sebuah website yang berisikan petisi untuk berbagai hal. “Karena anggota menghambat dan menjegal program-program Gubernur dan Wakil Gubernur yang pro rakyat,” demikian alasan pembubaran DPRD tersebut. Beberapa hari setelah petisi ini dibuat, ada ribuan orang yang sudah mendukung.

Petisi Dukung Jokowi Penuh

Selain petisi pembubaran DPRD, di situs change.org juga memuat petisi “Tolak Interpelasi, Support Jokowi demi Jakarta”. Hingga Rabu (29/5) pukul 19.00 WIB, sudah ada hampir 4000 dukungan untuk petisi ini.

Pasukan Kotak-Kotak Maju ke Depan

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengancam akan menerjunkan pasukan kotak-kotak jika DPRD DKI Jakarta ngotot menggulirkan interpelasi. “Kita tak segan-segan menurunkan ribuan orang untuk mengawal Jokowi,” ujarnya. “Hal ini disebabkan masyarakat antusias dengan layanan kesehatan gratis tersebut. Yang paling penting menurut saya, KJS sangat dibutuhkan masyarakat. Ini untuk kepentingan masyarakat, karena memang dibutuhkan terbukti melonjaknya sampai 50 ribu lebih masyarakat yang ingin dapat pelayanan masyarakat itu. Jadi jangan ada yang coba-coba menghambat,” katanya lagi.

Komunitas Facebook Pecinta Jokowi Unjuk Rasa

Pecinta Jokowi yang tergabung dalam komunitas Facebook “Jokowi Presidenku 2014” melakukan unjuk rasa di depan Gedung DPRD DKI Jakarta. Mereka meminta puluhan anggota DPRD yang berencana mengajukan hak interpelasi pada Jokowi tidak dipilih lagi sebagai wakil rakyat tahun 2014 nanti. Mereka juga menyebut dewan yang tiba-tiba batal mengajukan hak interpelasi sebagai banci. Sampai saat ini ada 8 anggota DPRD yang batal mengajukan hak tersebut.

Nampaknya kini warga Jakarta mampu bersuara lantang. Mereka melakukan hal tersebut karena memang kebijakan yang digelontorkan Jokowi menguntungkan warga, yang memang tugas pemimpin negara. Dukungan untuk Jokowi pun makin mengalir deras.

 

Baca juga artikel lainnya :

Mari Jadi Perpanjangan Tangan Tuhan Lewat Media

Ini Dia Resep Brownies Kukus Singkong yang Menggoda

Mendapatkan Jodoh yang Terbaik (1)

Berbagai Alasan Orangtua Menjodohkan Anaknya

Mastektomi Dilakukan, Keindahan Wanita Berkurangkah

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami