Cegah Kanker Payudara Dengan Rajin Berolahraga
Sumber: healthtap.com

Solusi Sehat / 22 May 2013

Kalangan Sendiri

Cegah Kanker Payudara Dengan Rajin Berolahraga

Budhi Marpaung Official Writer
5743

Berita mengenai operasi pengangkatan kedua payudara dari aktris besar Hollywood Angelina Jolie beberapa waktu lalu sontak membuka lagi mata masyarakat dunia khususnya kaum wanita akan pentingnya menjaga diri demi terhindar dari kanker payudara. Menariknya, ada satu cara yang tepat dan sederhana lain yang mampu memperkecil risiko kita terkena kanker payudara dan cara itu adalah dengan berolahraga.

Menurut data National Cancer Institute, lebih dari 60 penelitian telah menjelaskan adanya hubungan antara penurunan risiko penyakit kanker dan olahraga.

Berikut sejumlah manfaat olahraga bagi kesehatan payudara yang dirilis dalam Livestrong:  

1. Mengurangi berat badan

Obesitas ialah pemicu dari risiko perkembangan kanker payudara pada wanita, terutama setelah menopause. Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan jaringan lemak dapat menghasilkan estrogen, kontibutor yang diketahui pangkal dari kanker payudara. Oleh karena itu, menghilangkan lemak dalam badan dan memertahankan berat badan yang sehat adalah langkah positif ke arah mengurangi risiko kanker payudara.

2. Mengurangi tingkat hormonal

Menurut National Cancer Institute, wanita yang belum mencapai menopause, bila melakukan olahraga setidaknya empat jam per pekan dapat mengurangi kadar hormon estrogen, yang berhubungan langsung sebagai pemicu kanker payudara.

3. Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang melakukan setidaknya 30 menit olahraga secara teratur lima kali dalam perpekan, memenuhi syarat pencegahan kanker payudara. Selain itu, dari olahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dari segala penyakit ringan maupun kronis (jantung, koroner, stroke, diabetes).

Jangan pernah menunda melakukan kegiatan pencegahan dini. Dengan kita melaksanakannya maka ancaman kita menderita sebuah penyakit pasti semakin sedikit. Mengutip sebuah peribahasa lama, “Adalah lebih baik mencegah daripada menyembuhkan”.

Baca juga :

Kisah Nyata Yanti Radjagukguk dan Perjuangannya Melawan Kanker

Empat Jemaat Tewas Saat Rebutan Air Suci di Dalam Gereja

Piala Sudirman 2013 : Indonesia vs India 4-1  

Forum JC : Jadilah "Provokator" Komentar yang Positif dan Inspiratif ! (Lomba)  

Forum JC : Trip to Ujung Genteng / Sukabumi on Juni 2013

Sumber : okezone.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami