2023, Manusia Jajaki Kehidupan di Mars
Sumber: nasa

Nasional / 23 April 2013

Kalangan Sendiri

2023, Manusia Jajaki Kehidupan di Mars

Lois Official Writer
6786

Satu dekade lagi, manusia bisa tinggal di Mars. Namun banyak kondisi yang harus diperhitungkan, seperti fisiologis manusia yang akan berubah setelah disana karena gaya gravitasinya hanya 38 persen. Belum lagi para astronot yang pergi harus mengucapkan selamat tinggal pada keluarga karena tidak ada jaminan astronot bisa kembali.

Untuk itu, Mars One yang mengemukakan proyek ini mengatakan mereka menerima para pelamar yang mau ke Mars, sampai saat ini sudah ada 10 ribu pelamar. Syaratnya pun jelas. Calon astronot harus punya daya tahan yang tangguh, punya kemampuan beradaptasi, rasa ingin tahu, dan percaya pada kemampuan akal serta harus berusia lebih dari 18 tahun.

Seorang pelamar, wanita Amerika bernama Cynthia (32) mengaku terdorong ikut misi ini sebagai perwujudan bayangan masa kecilnya. “Saat saya pertama kali mendengar proyek Mars One, saya pikir ini adalah kesempatan untuk mewujudkan mimpi kecil saya. Saya bisa menjadi salah satu pelopor kehidupan Mars, dan mengatakan manusia dapat mencapai wilayah yang belum dipetakan,” ceritanya.

Namun, proyek ini mendapat kritikan dari Dr. Veronica Bray, peneliti laboratorium planet dan bulan University of Arizona. Dia mengatakan permukaan Mars sangat tidak bersahabat dengan kehidupan karena tidak ada zat cair, sehingga tekanan atmosfir praktis vakum, tingkat radiasi lebih tinggi, dan suhu liar meningkatkan resiko kanker. Belum lagi sistem kekebalan tubuh yang rendah. Namun, Mars One beranggapan misi ini tetap bermanfaat.

Manusia semakin maju ke depan dalam mencari kehidupan lain selain di bumi, mengingat bumi semakin tua dan semakin rusak. Di sisi lain, jangan lupa bahwa bumi pun perlu dipelihara karena di sinilah tempat kita beranak cucu turun temurun.

 

Baca juga :

Dicari Suami Istri ke Mars, Terima Tantangan Ini?

Kebun Sayur di Planet Mars Oleh Astronot China

Jaminan Perlindungan Saat Ujian Kehidupan Menerpa

Trik Hadapi Ujian Dari Anak Laki-Laki

5 Kasus Fobia Unik Menyangkut Kesehatan

Pernah Coba Klepon Kacang Ijo? Ini Resepnya

Memberkati Bisa Melalui Apa Saja, Termasuk Media

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami