Kontroversi Bendera Aceh
Sumber: blogspot.com

Nasional / 2 April 2013

Kalangan Sendiri

Kontroversi Bendera Aceh

eva Official Writer
3178

Presiden SBY dalam rapat dengan sejumlah menterinya pada Senin kemarin (1/4) meminta agar persoalan Perda atau Qanun tentang lambang dan bendera Aceh yang menyerupai bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) bisa diselesaikan dengan cepat dan tidak menimbulkan  persoalan yang berkepanjangan.

Menteri Dalam Negeri, Darmawan Fauzi mengatakan pemerintah telah menyelesaikan kajian tentang qanun atau Perda mengenai bendera yang disahkan oleh Pemprov dan DPRD Aceh. Dalam kajiannya, dia mengatakan ada sejumlah hal yang harus dikoreksi oleh pemerintah Provinsi Aceh.

Salah satunya adalah bentuk bendera dan lambang yang menurutnya menyerupai milik Gerakan Aceh Merdeka dan melanggar aturan perundangan yang ada. “Kita minta agar lambang itu dikoreksi. PP 77/2007 mengamanatkan lambang itu tidak boleh menyerupai lambang separatis. Kita berharap itu dilakukan tapi andaikata tidak, UU mengatakan dapat dibatalkan oleh Presiden. Ini kan masih bersifat persuasif, komunikatif, menghormati pemerintah Aceh dan DPRD Aceh. kita akan tempuh ini dulu,” ujar Darmawan.

Sementara itu, pemerintah Provinsi Aceh bersikukuh bahwa aturan tentang lambang dan bendera yang telah disahkan bersama oleh DPRD Aceh tidak melanggar aturan yang ada di atasnya, seperti yang dijelaskan oleh Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Aceh, Adrian. “Kalau kita mengacu kepada MOU Helsinki yang ditandatangani 15 Agustus 2005, disana disebutkan kelompok separatis, lambang dan atribut tidak ada lagi di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Menyusul perdebatan qanun tentang bendera dan lambang dengan pemerintah Pusat dan daerah, sekitar 1000 orang melakukan aksi demo mendukung penggunaan bendera yang menyerupai GAM di Banda Aceh pada Senin kemarin (1/4). Pemerintah sejauh ini belum meningkatkan keamanan di Aceh selama proses pembahasan antara pemerintah dan Pemprov Aceh berlangsung. Semoga perdebatan ini menghasilkan titik temu yang baik di antara kedua pihak dan tidak sampai menimbulkan konflik separatisme nasional.

Baca juga:

SBY Dapat Telur Paskah dari Jemaat 3 Gereja Tertindas

Freddie Mercury 'Gelapkan' Putri Diana ke Bar Gay sebagai Pria

Bunker Rahasia Mussolini Terungkap

Superbook Hadir Sebagai Superlibro di Meksiko

Aksi Dukung Pernikahan Sesama Jenis Marak di Facebook

 

Sumber : BBCIndonesia/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami