Komunitas Atheis Indonesia Mulai Terang-Terangan
Sumber: merdeka.com

Nasional / 2 April 2013

Kalangan Sendiri

Komunitas Atheis Indonesia Mulai Terang-Terangan

Lois Official Writer
20174

Indonesia merupakan negara berke-Tuhan-an, meskipun bukan negara agama. Namun, di tanah air yang punya beragam ini ada juga komunitas yang tidak mengakui adanya Tuhan. Karl Karnadi, pendiri komunitas Indonesian Atheists (IA) menyatakan bahwa dia ingin masyarakat Indonesia menerima kenyataan sekaligus perbedaan ini.

Pada Oktober 2008, dia mendirikan komunitas ini. “Saya ingin tempat berdiskusi dengan teman-teman saya dari Indonesia yang juga ketemu di internet dan sama-sama atheis atau agnostik. Awalnya jumlahnya kecil sekali, kurang dari sepuluh orang. Sekarang tentu ini berkembang jauh dari sekadar online dimana kami bisa berkumpul juga di dunia nyata, saling dukung satu sama lain pada saat ada yang terkena diskriminasi.” jelas Karl.

Jika IA diperuntukkan khusus sesama atheis dan agnostik, maka pada 2011 didirikan juga ABAM (Anda Bertanya Atheis Menjawab) dimana ABAM bisa untuk semua orang, baik beragama atau tidak. “Kami mengharuskan format interaksi di ABAM dalam bentuk tanya jawab sehingga menghindarkan debat kusir atau interaksi tidak sehat.” Ujar Karl.

“Atheis adalah orang-orang normal dan bermoral, warga yang membayar pajak dan mengikuti hukum, sama seperti orang-orang lain beragama. Bedanya, kami tidak percaya keberadaan Tuhan agama apapun. Perbedaan kadang menimbulkan ketersinggungan. Ini lumrah, tapi tidak harus disikapi dengan permusuhan dan kebencian. Sebagai sesama manusia, sebenarnya kita memiliki lebih banyak persamaan ketimbang perbedaan, hanya kita sering lupakan itu dan fokus pada perbedaannya saja.”

Menurut Karl, jumlah komunitas atheis dari Indonesia yaitu sekitar 600 orang dimana yang terbesar berasal dari eks Muslim lalu selanjutnya Kristen. Banyak dari mereka masih tertutup di kehidupan nyata. Kenyataan ini tidak bisa kita pungkiri, banyak orang Indonesia yang ternyata tidak percaya adanya Tuhan. Di luar suatu agama apapun, mereka tidak percaya bahwa ada kuasa yang lebih besar dari manusia, yang telah menciptakan semesta ini, yang harus disembah.

 

Baca juga :

Dua Komedian Dirikan Gereja Atheis di Inggris

Gereja Atheis Diminati Hingga ke Bali

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Bagaimana Kita Bisa Jadi Batu Karang yang Teguh?

Cara Didik Anak Meski Tinggal Berjauhan

Wajah Menarik Tanpa Make Up dengan Make Up Ala Korea

Resep Bubur Kacang Ijo yang Uenak Banget

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami