Presiden Diminta Hentikan Pembongkaran HKBP Setu

Nasional / 21 March 2013

Kalangan Sendiri

Presiden Diminta Hentikan Pembongkaran HKBP Setu

daniel.tanamal Official Writer
3117

Anak mendiang mantan Presiden Gus Dur, Yenny Zannuba Wahid meminta agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera menghentikan langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang hendak membongkar Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Setu, Kabupaten Bekasi, hari ini.  

Direktur the Wahid Institute ini mengatakan bahwa pembongkaran rumah ibadah adalah pelanggaran terhadap hak beragama yang dijamin konstitusi. Selain itu Pemkab terkesan melepas lepas tanggung jawab untuk menjamin warga negara menjalankan hak beragama mereka.

“Pemerintah setempat belum menunjukan iktikad baik dan komitmen memfasilitasi agar jemaat betul-betul bisa mendapat IMB dan akhirnya beribadah di gereja mereka sendiri. Pemerintah justru terkesan berpihak pada keinginan dan tekanan kelompok-kelompok keagamaan tertentu,” katanya.

Selain itu Yenni juga mengingatkan bahwa Menteri Agama harus adil dalam menyelesaikan masalah seperti ini. Seperti yang pernah ditunjukannya ketika menyempatkan datang ke lokasi kasus perobohan Masjid Al-Ikhlas Medan pada Mei 2011. Menteri Agama kala itu menyatakan prihatin atas peristiwa pembongkaran tersebut dan mendesak agar pihak yang merobohkan sudah membangun kembali di lokasi baru.

“Sebagai Menteri Agama yang memang bukan hanya mewakili agama tertentu, sikap serius semacam itu semestinya ditunjukan dalam kasus-kasus gereja dan rumah ibadah lain,” kata Yenni.

HKBP Setu yang beralamat di Jalan MT Haryono Gang Wiryo, Rt 05/02 Desa Taman Sari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, hari ini rencananya akan dibongkar oleh Pemkab Bekasi. Jika pembongkaran ini terjadi akan semakin mempertegas pembiaran yang dilakukan pemerintah terhadap kasus keagamaan, terutama penutupan rumah ibadah hanya karena dipersulit ijin pendiriannya.
 


Baca Juga Artikel Lain :

Kriminalisasi Pendeta HKBP Dianggap Modus Baru

Hugo Chavez Dianggap Berperan Atas Terpilihnya Paus Francis I

Gereja Atheis Diminati Hingga Ke Bali

Paus Francis I Diminta Tidak Mengutuk Homoseks 

Pendeta HKBP Filadelfia Sambangi Polresta Bekasi


Sumber : suarapembaruan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami