Resmi Dilantik, Paus Fransiskus Jadi Paus ke-266

Resmi Dilantik, Paus Fransiskus Jadi Paus ke-266

Budhi Marpaung Official Writer
3174

Setelah terpilih dalam konklaf kedua, Paus Fransiskus, hari ini, Selasa (19/3), menjalani misa pelantikannya yang berlangsung di Lapangan Santo Petrus, Roma. Ratusan ribu umat Katolik dikabarkan memenuhi lokasi pelantikan pengganti Paus Benediktus XVI ini.

Dengan dilakukannya misa pelantikan ini maka berarti Paus Fransiskus sudah resmi menjadi Paus yang ke-266.

Pada acara pelantikan yang berlangsung beberapa saat lalu tersebut, Paus melakukan sejumlah prosesi diantaranya adalah mencium makam Santo Petrus, lalu menerima pallium kepausan yang terbuat dari bulu domba, serta  menerima "cincin nelayan" bergambar Santo Petrus yang memegang dua kunci.

Seperti yang sudah diberitakan oleh sejumlah media internasional, acara yang berlangsung di Italia ini benar-benar dihadiri oleh banyak kepala negara, tokoh politik dan agama. Salah satu pimpinan negara yang terlihat saat itu adalah Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus merupakan paus pertama dari benua Amerika atau tepatnya dari negara Argentina. Kesederhanaan ketika sedang menjalani aktivitas sehari-hari sebagai pemimpin umat menjadikan pria berusia 76 tahun ini inspirasi bagi banyak orang khususnya umat Katolik di seluruh dunia.

Sebagai bukti bahwa ia seorang sederhana, Paus Fransiskus pada pelantikannya memilih tidak menggunakan cincin emas murni, melainkan hanyalah cincin perak berlapiskan emas.

Baca juga :

KWI : Kami Bersukacita Atas Terpilihnya Paus Fransiskus

Cry of the Broken

Abraham Alex Tanuseputra Diduga Palsukan Akte Pendirian Gereja

The Way You Love Me

Sumber : bbc Indonesia, jawaban.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami