Djoko Susilo Keberatan Penyitaan KPK Atas Hartanya

Djoko Susilo Keberatan Penyitaan KPK Atas Hartanya

Puji Astuti Official Writer
2502

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan berbagai penyitaan terhadap harta Irjen Djoko Susilo, tersangka dalam kasus korupsi simulator SIM. Harta yang telah disita, menurut berbagai pemberitaan terakhir sekitar 100 miliar rupiah. Namun jendral polisi yang memiliki beberapa orang istri ini menyatakan tindakan penyitaan yang dilakukan oleh KPK ini melalui pengacaranya.

"Harusnya, yang disita setelah proyek simulator muncul," demikian pernyataan Tommy Sihotang, kuasa hukum Djoko yang dikutip oleh Jawa Pos.

Saat ini sekitar 30-an aset Djoko  yang sudah disita oleh KPK, harta yang disita berupa bangunan, bus, mobil hingga usaha berupa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hingga saat ini KPK masih belum mengisyaratkan berhenti mengusut harta perwira polisi tersebut.

"Kasusnya terjadi 2010-2011, harus fokus dari tahun itu," demikian tambah Tommy.

Namun menurut pakar tindak pidana pencucian uang (TPPU) Yenti Garnasih, tindakan KPK melakukan penyitaan harta jendral itu sudah benar. Sebab nantinya harta sitaan tersebut bisa dipergunakan sebagai pengganti kerugian negara. Jika tidak segera disita, ditakutkan harta tersebut dapat berpindah tangan dan menyulitkan pengadilan saat akan melakukan eksekusi.

Jika dibandingkan dengan harta yang disita KPK dengan laporan kekayaan resmi Djoko Susilo tahun 2010 yang hanya 5,6 miliar, jumlah 100 milyar sungguh fantastis. Padahal saat ini masih ada harta jendral ini yang masih belum diungkap.

Irjen Djoko Susilo ini bisa dikatakan jatuh dalam tiga perangkap hawa nafsu kehidupan: harta, tahta dan wanita. Penyalahgunaan kekuasaan untuk memperkaya diri sendiri dan juga menghidup tiga orang istri, membuatnya harus berurusan dengan hukum.

Setiap orang bisa memulai karirnya dengan benar, namun harus menjaga integritas  dalam perjalanannya sehingga pada akhir hidupnya bisa memberikan warisan yang tak lekang oleh waktu berupa teladan hidup yang baik dan kebanggaan pada generasi penerusnya.

Baca juga artikel lainnya :

Tersangka Korupsi, Irjen Djoko Susilo Segera Dinonaktifkan

Masih Takut Setan?

Tuhan Ingin Anda Bahagia

Menjadi Orang Tua yang Berhasil

Racun Lebah, Cara Terampuh Bunuh Virus HIV

Jatuh Bangun Dalam Bisnis, Namun Bebas Dari Hutang!

Lionel Messi Digemari Paus Francis

Sumber : Jawa Pos | Puji Astuti

Ikuti Kami