Venezuela Urung Balsami Jasad Hugo Chavez

Venezuela Urung Balsami Jasad Hugo Chavez

Yenny Kartika Official Writer
2883

Venezuela telah memutuskan untuk tidak membalsami jasad almarhum pemimpinnya, Hugo Chavez, demikian pernyataan Menteri Informasi Ernesto Villegas yang disampaikannya melalui Twitter, Jumat (15/3).

Rencana awal untuk membalsami jenazah Chavez lalu menyimpannya di dalam peti kaca seperti jasad Vladimir Lenin (Rusia) dan Mao Zedong (Cina), mendapat halangan setelah adanya laporan dari sebuah panel medis di Rusia.

“Komisi medis Rusia menyatakan bahwa untuk melakukan prosedur [pembalsaman], jenazah harus diangkut ke Rusia dan disimpan di sana selama 7 hingga 8 bulan,” ungkap Villegas. Ilmuwan yang melakukan pemeriksaan awal telah memutuskan bahwa proses akan berjalan cukup sulit.

Pengganti Chavez, Nicolas Maduro, semula melontarkan ide untuk menyimpan jenazah Hugo Chavez dalam peti kaca, agar dapat disimpan di museum militer sehingga setiap generasi di Venezuela dapat mengunjungi pemimpin yang mereka hormati. Sebelumnya, pengawetan jenazah untuk disimpan di peti kaca sudah dilakukan terhadap jasad pemimpin Rusia Vladimir Lenin, pemimpin Cina Mao Zedong, pemimpin Vietnam Ho Chi Minh, dan pemimpin sekaligus pendiri Korea Utara Kim Il Sung.

Chavez meninggal pada tanggal 5 Maret 2013 di usia 58 tahun, setelah bergelut dengan kanker.

Dalam sebuah pameran buku di Venezuela, Presiden Maduro menyampaikan kepada pengunjung bahwa Chavez akan selalu membekas dalam ingatan rakyat Venezuela. “Lebih dari tubuh jasmani Anda, kami menyimpan pemimpin dalam ingatan abadi kami—terutama generasi ini, yang mendengarnya, menyentuhnya, dan melihatnya. Kami harus mengenang citranya, suaranya, dan pikirannya,” ujar Maduro.

 

Baca juga artikel lainnya:

Ahmadinejad: Hugo Chavez Akan kembali Bersama Yesus Kristus

Venezuela Selidiki Kemungkinan Hugo Chavez Diracun

Fakta Unik Seputar Hugo Chavez

Ulama Iran Marah Karena Ahmadinejad Peluk Ibunda Chavez

Kisah Nyata Sony: Kutukar Segalanya Demi Barang Haram

Imelda Fransisca: Saya Mau Terlibat Dalam Memberi Solusi Bagi Negeri Ini

Sumber : CNN | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami