Fakta Menarik Seputar Terpilihnya Paus Francis

Internasional / 16 March 2013

Kalangan Sendiri

Fakta Menarik Seputar Terpilihnya Paus Francis

Lois Official Writer
2839

Selama tiga belas abad, tidak pernah sekalipun kardinal yang berasal dari Amerika Latin terpilih menjadi Paus, yang memimpin umat Katolik seluruh dunia. Banyak kejadian seputar terpilihnya Paus Francis ini yang menarik untuk disimak. Berikut ini adalah beberapa kejadian tersebut :

Terpilihnya Paus Francis Karena Hugo Chavez

Presiden sementara Venezuela, Nicolas Maduro mengklaim bahwa Bergoglio bisa menjadi Paus disebabkan Hugo Chavez. “Kita tahu komandan kami naik ke ketinggian dan bertemu dengan Tuhan,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/3). Menurutnya, karena Hugo Chavez berada di sisi Tuhan, dia bisa meminta dan sepertinya Tuhan menyatakan waktu Amerika Selatan telah datang. “Seseorang baru tiba di sisi Tuhan dan berkata kepadanya, ‘Yah, tampaknya waktu Amerika Selatan telah datang,’”, kata Maduro.

Amerika Latin Adalah Benteng Katolik Terbesar

Meksiko dan Brasil mempunyai populasi Katolik terbesar di dunia, Kolombia mengikuti di belakangnya. Amerika Latin tidak pernah mengalami reformasi Protestan sehingga mereka tidak mengenal Martin Luther, John Wycliffe, Jean Calvin, Ulrich Zwingli sampai sekarang, meskipun umat Kristen Protestan yang ada di sana makin meningkat.

Menjadi Orang Pertama

Paus Francis I menjadi orang pertama non Eropa dan orang pertama Amerika Latin yang menduduki kursi tertinggi di Vatikan. Uniknya lagi, pertama kali dia berbicara di hadapan puluhan ribu umat Katolik, dia tidak menggunakan bahasa Spanyol, dia menggunakan bahasa Italia.

Paus yang sederhana ini tentunya akan menjadi sorotan dan diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik lagi untuk umat Katolik khususnya dan seluruh umat umumnya.

 

Baca juga :

Paus Baru Pilih Nama Francis, Apa Alasannya?

6 Fakta Unik Dari Paus Francis I

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Tuhan Ingin Anda Bahagia

Ingin Bayi Cepat Belajar? Ini Posisi Terbaik

Tips Mudah Cara Benar Pakai Parfum

Mengenal Makanan Indonesia : Pisang Molen

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!


Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami