Tujuh Keuntungan dari Bekerja di Rumah

Tujuh Keuntungan dari Bekerja di Rumah

Yenny Kartika Official Writer
3492

Bisnis rumahan sebetulnya bisa jadi mata pencaharian utama untuk Anda yang terpanggil menjadi wirausahawan. Apabila Anda mempertimbangkan untuk berhenti bekerja kantoran dan memulai usaha di rumah, berikut ini 7 (tujuh) keuntungan yang dapat Anda peroleh:

#1 Mengurangi Biaya Perjalanan

Biaya bahan bakar—bagi Anda yang menggunakan kendaraan bermotor—akan turun drastis seiring dengan berkurangnya intensitas Anda bepergian. Belum lagi kalau dikalikan dengan jarak tempuh perjalanan jauh yang dilakukan beberapa kali dalam sebulan.

Anda juga melakukan penghematan penting dalam biaya perawatan dan perbaikan suku cadang kendaraan. Bahkan, Anda mungkin tak lagi membutuhkan kendaraan tersebut dan dapat menjualnya, sehingga biaya asuransi dapat dihilangkan.

#2 Mengurangi Makan dan Minum di Luar

Ketika saya masih bekerja di kantor, saya selalu makan di luar rumah. Bekal yang dibawa dari rumah—entah kenapa—jarang dilihat sebelah mata. Sementara itu, makanan sampah (junk food) dan cepat saji (fast food), malah tampak normal untuk dikonsumsi.

Dengan bekerja di rumah, Anda akan kurang tergoda untuk makan sembarangan di luar. Mengapa? Karena untuk keluar rumah diperlukan persiapan untuk berkendara dan melakukan perjalanan ke tempat makan yang dituju.

Makan dan minum di luar dapat menjadi kebiasaan yang boros. Jadi, bekerja di rumah dapat membantu Anda menghilangkan kebiasaan tersebut.

#3 Urus Anak Sendiri

Menjalankan profesi di rumah dapat meningkatkan waktu-waktu berkualitas bersama anak Anda. Secara otomatis, Anda tidak perlu menitipkan lagi sang buah hati ke daddy daycare (tempat penitipan) atau ke rumah saudara atau mertua. Anda memiliki kesempatan dan tenaga lebih banyak untuk menjalankan peran sebagai orang tua.

Tak perlu khawatir dengan gangguan si kecil. Umumnya anak-anak menghabiskan waktu pagi hingga siang atau sore di sekolah, kecuali apabila mereka mengikuti homeschooling.

Untuk para orang tua yang menangani anak di rumah, Anda bisa menerapkan jam kerja di pagi hari sekali (saat anak masih terlelap) atau di larut malam (saat anak sudah tertidur).

#4 Jam Kerja Lebih Leluasa

Bayangkan Anda bangun di pagi hari dan saat itu juga jam kerja Anda dimulai!

Cobalah menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk siap-siap ke tempat kerja, menempuh perjalanan, beristirahat selama enam puluh menit untuk makan siang, kemudian menyetir pulang ke rumah. Jika dijumlahkan, kegiatan tersebut bisa memakan waktu berjam-jam.

Bekerja di rumah memampukan Anda menentukan sendiri durasi jam istirahat. Tambahan lagi, Anda dapat menyisipkan waktu rehat di sela-sela pekerjaan, misalnya untuk membaca atau berolahraga.

#5 Tak Ada Lagi Setelan Mahal

Menanggapi tuntutan pekerjaan, Anda sewaktu-waktu pasti merasa perlu untuk membeli setelan resmi atau pakaian kerja dengan desain tertentu. Jika Anda di rumah, kenakan pakaian apapun yang Anda kehendaki, dan uang belanja pun bisa ditabung untuk keperluan lain.

#6 Ada Peluang Untuk Pendapatan Tambahan

Terlalu banyak pekerjaan akan membatasi potensi Anda untuk memperolah pendapatan tambahan. Beberapa organisasi membayar Anda per jam atau per tugas. Anda bisa mencari peluang untuk bekerja sekali, namun mendapatkan pemasukan berkali-kali.

Salah satu contoh kegiatan untuk menambah pemasukan adalah dengan nge-blog secara profesional. Seorang blogger profesional—pekerjaan yang saya tekuni saat ini—dapat mengeruk keuntungan dari setiap artikel yang ditulisnya. Peluang ini didapatkan saat ada pemasang iklan yang tertarik memasarkan produknya melalui situs Anda.

#7 Hidup Lebih Tertata

Anda dapat memastikan keteraturan pembayaran tagihan, pekerjaan dapur, urusan kebun, dan lain-lain, jika Anda bekerja di rumah. Petugas pembersih rumah dapat digantikan dengan posisi Anda sendiri, terutama jika Anda mendambakan sentuhan langsung tangan Anda pada setiap sudut rumah. Penghematan pun terjadi saat Anda tak lagi mempekerjakan petugas pembersih rumah.

Kesimpulan

Jika cermat, Anda bisa menemukan sejumlah perusahaan serius yang memang membayar Anda untuk pekerjaan di rumah, seperti Amazon.com, About.com, dan HomeworkTutoring.com. Bekerja di rumah diharapkan dapat menghasilkan hidup yang lebih produktif dan efisien.


Baca juga artikel lainnya:

Kerja Sambil Punya Usaha Sampingan, Kenapa Tidak?

Kerapihan Meja Kerja, Cermin Kepribadian Anda

Istirahat Banyak = Kerja Lebih Produktif

Awas, Efek Negatif Karena Terlalu Banyak Bekerja!

Alkitab dan Uang: 10 Tips Finansial berdasarkan Firman Tuhan

Sumber : Christian Personal Finance
Halaman :
1

Ikuti Kami