Kerja Sambil Punya Usaha Sampingan, Kenapa Tidak?

Investment / 13 March 2013

Kalangan Sendiri

Kerja Sambil Punya Usaha Sampingan, Kenapa Tidak?

Puji Astuti Official Writer
18791

Sebagai karyawan, pekerjaan kantor ataupun pabrik seringkali mengikat. Selain itu, penghasilan juga terbatas. Terbayang jika memulai usaha sendiri, tentu akan bisa menambah penghasilan. Namun apakah bisa dengan segala kesibukan yang ada memulai bisnis sampingan? Jawabannya : Tentu saja bisa.

Setiap orang bisa memulai bisnisnya sendiri pada satu titik, tentu saja jika masih bekerja berarti ada pengorbanan tambahan seperti mengurangi waktu istirahat dan juga akhir pekan untuk fokus pada usaha sambilan tersebut. Tetapi bagaimana cara memulainya?

  • Mulailah dari apa yang Anda sukai

Mengerjakan apa yang Anda sukai akan memampukan Anda untuk terus tekun mengerjakannya sekalipun melewati masa-masa yang sulit. Ingatlah bahwa tidak ada sesuatu yang mudah pada awalnya, namun jangan mudah menyerah, bersama berjalannya waktu jika Anda terus belajar dan tekun, maka usaha Anda pasti berhasil.

  • Bangunlah hubungan dengan sebanyak mungkin orang

Pertama, mengapa hubungan itu penting, mereka bisa saja menjadi relasi bisnis Anda.  Dengan pertemanan, Anda mungkin bisa membuka peluang-peluang bisnis yang sebelumnya tidak terpikirkan. Atau hal yang lain, bisa saja suatu saat mereka menjadi klien Anda.

  • Ingatlah prinsip dasar bisnis ini : buy low, sell high, pay late, collect early

Jika berbisnis tentu barang yang Anda jual harus Anda beli dengan harga yang lebih murah supaya dapat untung. Jika bisa, kerjasamalah dengan pihak distributor sehingga bisa bayar di belakang, dan barang yang tidak laku bisa ditukar atau dikembalikan. Untuk pembeli, tentu harus bayar dimuka baru barang dikirim atau maksimal adalah bayar di tempat yang dikenal saat ini sebagai COD (cash on delivery).

  • Pastikan kualitas barang Anda sesuai dengan yang Anda tawarkan

Menjaga kepuasan pelanggan sangat penting dalam bisnis, untuk itu pastikan kualitas barang yang Anda jual persis seperti yang Anda promosikan.  Selain itu, ada beberapa tips seperti memberikan garansi atau jaminan uang kembali juga bisa menarik pelanggan.

  • Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan usaha sampingan

Karena Anda masih bekerja, ingat untuk menjaga keseimbangan waktu untuk mengerjakan usaha sampingan Anda. Pastikan Anda tidak merusak kepercayaan atasan Anda dengan mengerjakan usaha sampingan di waktu kerja. Memisahkan antara pekerjaan dan usaha sampingan sangat penting jika Anda masih ingin mempertahankan pekerjaan Anda dalam waktu lama.

Seperti semua usaha lainnya, memulai bisnis sampingan tetap ada resiko yang harus ditanggung. No pain, no gain, tidak mungkin menghindari resiko jika Anda ingin meraup keuntungan. Yang bisa dilakukan adalah meminimalkan resiko. Jadi jangan menunda-nunda jika Anda memiliki mimpi atau rencana memiliki usaha sendiri. Mulailah hari ini juga… Selamat mencoba.

Baca juga artikel lainnya :

Kesalahan-kesalahan Umum Saat Memulai Bisnis

Dua Komedian Dirikan Gereja Atheis di London

Gizi dan Nutrisi Yang Tepat Untuk Penderita HIV-positif

Pilihlah Kursus yang Tepat untuk Anak Anda

Email Dari Sahabat : Tulang Yang Patah Kini Telah Tersambung


Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami