Berbagai Usulan Dahlan Iskan Atasi Macetnya Jakarta

Nasional / 8 March 2013

Kalangan Sendiri

Berbagai Usulan Dahlan Iskan Atasi Macetnya Jakarta

Lois Official Writer
3392

Kemacetan menjadi salah satu pekerjaan rumah utama yang harus diselesaikan oleh Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di periode kepemimpinan mereka. Berbagai program sudah dijalankan dan ada beberapa proyek yang mesti dipikirkan. Berbagai usulan pun berkembang, baik dari masyarakat maupun para pemimpin tak terkecuali Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan. Berikut beberapa usulannya :

3 in 1 Diganti ERP

Menurut Dahlan Iskan, sistem 3 in 1 diganti dengan sistem Electronic Road Pricing (ERP) seperti di Singapura. Menurutnya, sistem ini lebih baik daripada sistem 3 in 1 yang selalu diakali oleh pengguna kendaraan roda empat.

Motor Bisa Masuk Tol

Dahlan mengusulkan agar kendaraan bermotor dua ini disediakan lajur khusus dengan menambah sayap-sayap jalan tol yang sudah ada. Usulan ini mendapat pro dan kontra.

Menambah Contraflow

Yang dimaksud contraflow adalah memberikan jalan alternatif lain saat macet, misalnya saja dengan membuka jalan yang berlawanan arah saat jam sibuk dimana jalur sibuk bisa melaluinya, dengan catatan ujungnya berada di daerah dimana macet tidak terjadi. Hal ini baru dilakukan di depan Semanggi. Dahlan mengusulkan contraflow juga terjadi di tempat lain yaitu Rawamangun dan Kebon Jeruk.

Sayembara Rp 100 Juta

Hal ini berarti Dahlan mengajak warga untuk memikirkan bersama bagaimana cara untuk mengurai macet Jakarta. Tiap satu ide yang bisa diterapkan akan mendapat hadiah Rp 100 juta. Patokannya, ide tersebut harus bisa dilaksanakan dan bukan hanya di awang-awang saja.

Dibuat Monorail Bekasi-Cawang

Monorail ini akan menghubungkan Bekasi ke Cawang sejauh 54,7 kilometer dan bisa mengangkut 30.000 penumpang. Dengan kapasitas tersebut, penggunaan mobil pribadi di jalan raya bisa dikurangi. Nantinya, satu rangkai monorail dari Bekasi Timur 6 gerbong, satu rangkaian dari Cibubur 4 gerbong.

Apakah Anda punya ide bagaimana mengatasi macet yang memang sangat membebankan aktivitas sehari-hari ini? Siapa tahu ide tersebut bisa dipakai dan membuat ibukota negara jadi lancar terkendali.

 

Baca juga :

Solusi Jusuf Kalla Atasi Macetnya Jakarta

Jokowi Imbau Masyarakat Pakai Transportasi Umum

Bagaimana Caranya Memberkati Musuh?

Berbagai Masalah Anak dan Cara Penanganan Orangtua

Bahaya Masker dan Peranannya Dalam Kesehatan

Mengenal Makanan Tradisi Indonesia : Tumpeng

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami