Korea Utara Ancam Amerika Serikat

Nasional / 3 March 2013

Kalangan Sendiri

Korea Utara Ancam Amerika Serikat

Zee Official Writer
2252

Sebuah artikel diunggah dalam situs tidak resmi Uriminzokkiri Rabu (27/2/2013), yang di dalamnya terdapat pernyataan seorang anggota Komite Perdamaian Nasional Korea -sebuah badan propaganda- yang menyatakan bahwa Korea Utara telah menjadi negara nuklir yang independen dan Amerika Serikat berada dalam area jangkauan senjata nuklir mereka.

"Amerika Serikat harus waspada karena kini daratan AS berada dalam jangkauan roket strategis dan senjata nuklir kami," kata pejabat tersebut.

Ancaman ini bukanlah yang pertama kalinya yang dilakukan Korea Utara kepada Amerika Serikat. Pada bulan Oktober 2012 lalu, ancaman serupa juga diucapkan bahwa sejumlah roket balistik yang bisa mencapai daratan AS telah dimiliki oleh negara tersebut.

Peluncuran roket yang dilakukan Koera Utara Desember lalu serta uji coba nuklirnya belum lama ini yang meraih kesuksesan merupakan sebuah lompatan besar yang menimbulkan kekhawatiran akan kemampuan teknis Korea Utara yang tampak memadai untuk menembakkan sebuah misil jarak jauh.

Belum lagi hasil analisa serpihan roket yang diluncurkan Desember lalu oleh Korea Selatan menyebutkan bahwa rokter tersebut mampu menjangkau sasaran dalam jarak 10.000 km, yang berarti ada kemungkinan besar bahwa rokter tersebut akan menghantam sasaran di pantai barat Amerika Serikat.

Pergantian pemimpin di Korea Utara nampaknya malah membuat negara ini kian berulah saja. Keangkuhan yang ditunjukkan oleh negara ini dapat mengancam perdamaian masyarakat internasional dan merugikan banyak pihak. Oleh sebab itu, kiranya diperlukan sebuah tindakan tegas sebagai peringatan agar negara ini tidak melanjutkan aksi nuklir mereka.


Baca juga artikel lainnya:

Is S/He the One?

Tak Berterimakasih, Sutradara Pemenang Oscar Dikritik


Code.Org: Belajar Pemrograman Online

Sumber : kompas.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami