Code.Org: Belajar Pemrograman Online

Nasional / 27 February 2013

Kalangan Sendiri

Code.Org: Belajar Pemrograman Online

Zee Official Writer
8028

Sebuah organisasi non-profit bernama Code.org mengunggah sebuah video Selasa (26/2/13) di situs video Youtube yang mengajak sekolah-sekolah di seluruh dunia untuk  mengajarkan “coding” atau pemrograman komputer mulai usia dini.

2 video utama yang berjudul “What Most Schools Don’t Teach” ini masing-masing berdurasi sekitar 5 dan 9 menit, dan berisikan opini dari tokoh-tokoh ternama seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, will.i.am, Chris Bosh, Jack Dorsey, dan Drew Houston, mengenai pentingnya ketrampilan pemrograman di saat komputer dan internet menjadi pusat kebudayaan masa kini.

“Ketrampilan pemrograman adalah sesuatu yang sangat luar biasa, hal satu-satunya yang bisa kita miliki yang mendekati kemampuan superpower,” kata pendiri dan CEO Dropbox, Drew Houston.

Para tokoh tersebut juga menyebutkan bahwa ketrampilan pemrograman bukanlah hal yang seharusnya dianggap sulit.

“Anda tidak harus menjadi seorang jenius untuk bisa memprogram. Anda hanya perlu ketetapan hati,” ujar Vanessa Hurst, salah satu pendiri Girl Develop It.

Sementara Bill Gates mengambarkan bahwa pemrograman komputer lebih mirip matematika, “Penambahan, pengurangan…itu saja,” katanya.

Dalam teknologi yang semakin berkembang, nampaknya teknisi-teknisi yang berkualitas semakin berkurang. Pendiri jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg menyebutkan, “Kebijakan kami di Facebook adalah mempekerjakan sebanyak mungkin teknisi yang bertalenta. Tapi nampaknya belakangan ini, teknisi-teknisi seperti itu semakin sulit ditemukan.”

Dengan visi agar “setiap siswa di setiap sekolah memiliki kesempatan belajar bagaimana cara memprogram komputer”, dan melibatkan puluhan tokoh ternama, proyek Code.org berniat menanamkan pemikiran bahwa pemrograman merupakan sebuah hal yang jauh lebih mudah dari yang ada di pikiran masyarakat, serta membangun sebuah database yang terpercaya bagi segala jenis sekolah pemrograman.

Code.org juga menyediakan kursus online gratis bagi mereka yang ingin belajar pemrograman sederhana, melalui website resmi mereka. Dengan begitu, organisasi yang didirikan oleh Hadi Partovi ini berharap agar ketrampilan pemrograman dapat menjadi sebuah pengetahuan yang umum layaknya matematika, biologi, dan mata pelajaran lainnya, sehingga akan banyak muncul programer-programer handal.

“Programer adalah bintang rock masa kini,” ujar will.i.am menutup video tersebut.

Gerakan ini merupakan sebuah ide cemerlang yang sangat berkualitas. Dengan menerapkannya, siapa tahu Indonesia akan memiliki Bill Gates dalam negeri. Jadi, maukah Anda mendukungnya?



Baca juga artikel lainnya:

Is S/He the One?

Tak Berterimakasih, Sutradara Pemenang Oscar Dikritik


Sumbangan 10.000 Alkitab ke Mesir

Sumber : jawaban.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami