Paus Benediktus XVI Akan Dipanggil 'Paus Emeritus'

Internasional / 28 February 2013

Kalangan Sendiri

Paus Benediktus XVI Akan Dipanggil 'Paus Emeritus'

Zee Official Writer
4333

Direktur Press Vatikan, Pastur Frederico Lombardi mengumumkan nama Paus Benediktus XVI setelah turun dari tahta Suci. Ia menyebutkan bahwa Bapa Suci akan tetap memegang nama kepausannya, namun Bapa Suci akan mengemban nama Paus Emeritus.

“Beliau akan tetap dipanggil Yang Mulia Benediktus XVI,” kata Pastur Lombardi dalam konferensi press, Selasa (26/2/13). “Namun ia juga akan dipanggil Paus Emeritus atau Paus Roma Emeritus.”

Paus Benediktus telah menerima ratusan surat-surat dari petinggi-petinggi dari seluruh dunia yang mengucapkan salam perpisahan.

“Bapa Suci telah menugaskan sekretaris pribadi dan kepala rumah tangga kepausan, Uskup Agung Georg Gänswein untuk membacakan dan menyampaikan pesan-pesan tersebut kepadanya,” kata Pastur Lombardi.

Selain itu akan ada momen simbolik yang menjadi tanda berakhirnya masa tugas Sri Paus. Para prajurit Garda Swiss yang berjaga di gerbang-gerbang Castel Gadolfo akan meninggalkan pos mereka pada pukul 8 malam waktu setempat.

“Secara simbolis Garda Swiss adalah prajurit pelindung Sri Paus. Ketika Paus mundur, mereka tidak lagi dibutuhkan. Tapi tenang saja, Vatikan tetap masih akan dilindungi oleh polisi Vatikan,” kata Pastur Lombardi menjelaskan.

Vatikan telah menyebarkan 50.000 tiket untuk menghadiri pertemuan massal terakhir Paus Benediktus XVI, tapi Vatikan tetap mengharapkan kehadiran lebih banyak pengunjung.

Pertemuan massal akan berjalan seperti biasa dengan. Bapa Suci akan tetap mengelilingi halaman Santo Petrus dengan kendaraan khusus. Hanya saja, tidak ada tradisi “bacce mano” atau tradisi mencium cincin Paus karena banyaknya pengunjung yang diharapkan.

Pihak Vatikan memperkirakan pertemuan pertama Kardinal akan dilaksanakan awal minggu depan untuk memutuskan tanggal dilaksanakannya konklav.

Paus Benediktus XVI adalah seorang tokoh yang kerendahan hatinya tidak akan pernah terlupakan. Pengunduran diri Paus Benediktus merupakan sebuah peristiwa penting yang melambangkan bahwa kerendahan hati dan kesadaran diri merupakan hal yang jauh lebih mulia daripada kekuasaan yang tak berarti. Terima kasih, Bapa Suci.


Baca juga artikel lainnya:

Is S/He the One?

Tak Berterimakasih, Sutradara Pemenang Oscar Dikritik

Code.Org: Belajar Pemrograman Online

Sumber : catholicnewsagency.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami