Jadi Guru Ternyata Tidak Gampang

Nasional / 24 February 2013

Kalangan Sendiri

Jadi Guru Ternyata Tidak Gampang

Zee Official Writer
2574

Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, menyampaikan kesannya menjadi “guru sehari” di SDN Pademangan Barat 01 Pagi. Menurut Budi, menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah, jadi tidak selayaknya apabila guru diremehkan.

"Pengalaman baru jadi guru ternyata tidak gampang. Jadi, jangan menyepelekan guru. Saya menghabiskan waktu 45 menit tuh rasanya lama banget," kata Budi seusai mengisi kelas inspirasi di kelas 4B SDN Pademangan Barat 01 Pagi, Jakarta, Rabu (20/2/2013)

Budi mengaku sudah menyiapkan berbagai macam teaching aid seperti gambar, boneka, dan segala peralatan untuk mengajar. Ia harus mengapresiasi profesi guru sebagai sesuati yang tidak mudah. Baginya, mengajar berarti menyampaikan pesan dan sebagai pengajar, harus dipastikan bagaimana pesan dapat sampai secara tepat kepada yang diajarkan.

"Bagi saya sendiri, menyampaikan satu pesan itu ternyata tidak gampang. Kita harus mengerti posisi kita di mana, dengan siapa gitu ya. Seperti tadi, waktu saya tanya tahu enggak arsitek, mereka enggak tahu. Namun, ternyata waktu ada sharing session dengan dokter gigi, dia sederhana aja, nunjukkin gigi, pernah sakit gigi atau enggak, jadi matching gitu," kata Budi.

Budi Karya Sumadi mengisi kelas inspirasi sebagai tenaga relawan bersama dengan Gerakan Indonesia Mengajar, institusi pendidikan yang diusung oleh Anies Baswedan. Budi menambahkan bahwa bukan hanya ia saya yang bergabung dengan gerakan ini. Nantinya, para karyawan Ancol pun akan ikut menjadi relawan pengajar.

"Minimal ada dua kelas yang mungkin kami laksanakan. Yang pertama adalah komputer, jadi teman-teman yang ada di Ancol akan ngajarin komputer di sini, yang kedua green class, kelas mengajari menanam tanaman," katanya.

Mengajar bukanlah suatu kegiatan di mana seseorang sekadar melakukan presentasi di depan orang. Ketika seseorang mengajar, ia membagikan ilmu dan skill yang ia miliki kepada para murid. Oleh sebab itu, ia harus menciptakan cara dan membangun suasana yang suportif bagi pemahaman para murid, dan bukan hanya sekadar berbicara dan menjelaskan di depan kelas.


Baca juga artikel lainnya:

Long Distance Relationship Can Work!

Kunjungi Jakarta, Miss World 2012 Seolah di Rumah Sendiri

Manfaat Jus Semangka Bagi Kesehatan

Sumber : kompas edu / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami