4 Istilah Seru yang Dimunculkan Jokowi

Nasional / 3 February 2013

Kalangan Sendiri

4 Istilah Seru yang Dimunculkan Jokowi

Lois Official Writer
3844

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dikenal sebagai orang yang sederhana. Dengan gaya khasnya, Jokowi harus menghadapi semua tantangan, termasuk banjir yang baru-baru ini melanda Jakarta. Selain sikap khasnya yang suka blusukan, ada beberapa istilah unik yang dimunculkan Jokowi, yaitu :

Gasar Gusur

Istilah ini muncul saat Jokowi meminta jajarannya tegas dalam memberikan solusi pada warga yang tinggal di pinggiran kali dan rel kereta api. “Ajak bicara, cari jalan keluar bersama-sama tapi tegas, bahwa yang ada di tempat-tempat itu sesuai Perda,” ujar Jokowi di Balai Kota Jakarta, Selasa (29/1). “Tapi yang paling penting diberi solusi. Jadi enggak hanya gasar-gusur saja,” katanya.

Wang Weng Wang Weng

Saat itu Jokowi mengamati persoalan apa yang membuat warga protes dengan rencana pembangunan Mass Rapid Transit (MRT). Dia pun membayangkan warga tak akan bisa tidur nenyak jika MRT yang melintas jaraknya terlalu dekat dengan rumah penduduk. “Masa jarak rumah sama MRT hanya 7 meter. Wuah, wang weng wang weng gitu terus toh setiap menit. Ya warga itu betul. Bener kalau dekat jendela dan pintu hanya 7 meter ya,” ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (29/1).

Ngerak Ngeruk

Jokowi kesal melihat salah satu solusi penangan banjir banyak mengeruk kali. “Ya ini kan persoalan dari hulu ke hilir ini yang harus dikoneksikan di situ. Jadi ini harus kerja apa, Kemen PU harus kerja apa, DKI harus kerja apa. Yang konkret kalau saya. Ya percuma kalau cuma ngerak-ngeruk,” kata Jokowi di Gedung DPR Jakarta, Kamis (31/1).

Ropat Rapat

Penyelesaian banjir hanya tuntas di meja dan di atas kerja saja. Praktik di lapangannya, penanggulangan itu hanya setengah hati. Berbagai mega proyek bernilai fantastis tampak seperti objek tak bertuan, tak diperhatikan apalagi dirawat. “Itu harus dikoneksikan dan sudah bertahun-tahun di rapat, ropat rapat, ropat-rapat. Kalau enggak ada sebuah solusi untuk apa kita,” ujar Jokowi di Balaikota.

Istilah yang diciptakan Jokowi ini memang terbilang cukup unik. Istilah-istilah unik lainnya seringkali dikumandangkan oleh berbagai artis. Apakah istilah ini akan membumi? Bisa jadi.

 

Baca juga :

Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Muntaber? Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan 

Cara Buat Ayam Bakar Kalasan Super Enak

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Tuhan Peduli Bagaimana Akhir dari Jalan Hidupmu

Masalah Bikin Ortu Depresi, Awas Anak Terpengaruh Juga

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami