Lindungi Investasi Dari Ancaman Bencana

Lindungi Investasi Dari Ancaman Bencana

Puji Astuti Official Writer
3962

Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang rawan bencana, untuk itu perlu disadari kebutuhan untuk melindungi asset investasi dari ancaman bencana alam yang bisa datang kapan saja. Tentunya salah satu cara mengurangi resiko kerugian akibat bencana adalah dengan asuransi.

Contoh nyata dari kerugian akibat bencana adalah saat banjir melanda Jakarta pada Selasa (17/1) lalu, akibat banjir yang berlangsung hampir sepuluh hari, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memperkirakan total kerugian individu dan koorporasi mencapai 200 triliun rupiah.

Mengansuransikan kendaraan dan property sudah cukup umum saat ini, namun saat memilih polis asuransi pastikan kembali apakah dampak bencana termasuk di dalamnya. Biasanya pihak asuransi memisahkannya, sehingga untuk asuransi bencana alam maka pemegang polis harus menambah besaran premi asuransi. Itupun belum tentu semua bencana tercakup di dalam satu polis, untuk itu perlu membaca baik-baik seluruh aturan yang tertulis dalam polis sebelum menandatangani pembelian asuransi. Lihatlah kepada kebutuhan dan resiko yang mungkin terjadi, sehingga asuransi tersebut benar-benar bermanfaat untuk Anda. Selain itu waspadai juga aturan-aturan yang membuat Anda kemungkinan tidak bisa melakukan klaim.

Lalu aset apakah yang bisa diasuransikan? Saat ini hampir semua asset bisa diasuransikan. Selain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi property dan asuransi kendaraan, Anda juga bisa mengasuransikan surat-surat berharga seperti saham dan juga investasi fisik seperti emas.

Dengan melakukan perlindungan atas asset investasi, sekalipun seseorang mengalami bencana dan masa-masa sulit, namun mereka dapat segera bangkit kembali dan aktifitas ekonomi tidak terhenti. Pada akhirnya hal tersebut bukan hanya berdampak positif bagi pemegang polis, namun juga bagi masyarakat dan juga kondisi perekonomian negara.

Baca juga artikel lainnya :

Jokowi-Ahok Akan Segera Pecat Pegawai Negeri yang Langgar Aturan

Ular yang Tersembunyi

Tolong! Pacarku Pemakai Narkoba

Kulit Gatal Karena Air Banjir? Atasi Dengan Sabun Antiseptik !

Sumber : Berbagaisumber | Jawaban.com | Puji Astuti

Ikuti Kami