Tolong! Pacarku Pemakai Narkoba

Single / 29 January 2013

Kalangan Sendiri

Tolong! Pacarku Pemakai Narkoba

Zee Official Writer
8006

Tertangkapnya Raffi Ahmad karena narkoba mungkin menyalakan alarm pribadi beberapa dari Anda, membuat Anda menyadari sebuah kenyataan yang tidak bisa lagi Anda pungkiri.

Kekasih tercinta Anda ternyata seorang pemakai narkoba.

Mungkin beberapa dari Anda tidak mengetahui hal ini sebelumnya. Mungkin juga Anda tahu, tapi Anda memutuskan untuk diam. Atau beberapa dari Anda mungkin sudah berusaha untuk menariknya keluar dari jurang obat-obatan terlarang tersebut, namun telah menyerah karena usaha Anda nampaknya sia-sia. Tapi meninggalkannya bukanlah sebuah pilihan karena Anda begitu mencintainya.

Anda tidak perlu putus asa dan menyerah. Karena sesungguhnya ketika Anda benar-benar ingin membantu kekasih Anda, masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menolong orang yang Anda sayangi.

STEP 1: Anda Tidak Bisa Mengubah Orang Lain

Sadari dan terimalah dulu hal itu. Ya, memang ketika melihat orang yang Anda cintai terjatuh, Anda merasa terwajibkan untuk membantu. Tenang saja. Anda bisa membantunya. Namun pertama-tama Anda harus bisa menerima kalau Anda tidak bisa melakukannya dengan mengubahnya.

Sebagai bukti, ingatlah ketika orang tua, saudara, atau bos Anda meminta atau bahkan menyuruh Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda inginkan. Apakah Anda akan melakukannya? Kalau iya, apakah Anda bersedia melakukannya terus menerus? Tidak. Anda hanya berpura-pura melakukannya atau melakukannya dengan setengah hati.

Kita berbicara masalah inner motivation – motivasi dari dalam diri, dan keinginan dasar. Ketika seseorang jatuh dalam candu narkoba, mereka akan membantah apapun yang mengatakan bahwa mereka kecaduan. Mereka akan bereaksi dengan keras terhadap ancaman dan bahkan permintaan untuk dirawat. Memang pahit, tapi mereka hanya akan mau dirawat ketika mereka siap menerima bahwa mereka telah kecanduan.

Apakah itu berarti Anda tidak bisa berbuat apa-apa? Tenang, dan baca terus artikel ini.

STEP 2: Rawatlah Diri Anda Terlebih Dahulu

Bukan. Ini bukan berarti Anda menjadi egois dan mementingkan kepentingan Anda di saat jelas-jelas kekasih Anda membutuhkan bantuan. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda sanggup secara fisik, emosional, psikologis, dan spiritual untuk membantu kekasih Anda.

Jadi pastikan Anda cukup tidur dan olah raga. Perhatikan juga hubungan sosial Anda, dan ya, itu berarti Anda tidak bisa selalu memonitor kekasih Anda. Tapi Anda membutuhkannya untuk menjaga kewarasan Anda sendiri. Pertahankan hobi Anda, pergilah ke bioskop, dan jalan-jalanlah bersama teman-teman Anda.

Nah, kegiatan-kegiatan Anda akan membuat Anda sedikit terjauhkan dari si dia, dan kemungkinan besar dia akan cemburu dan melarang Anda untuk melakukan apapun di luar pekerjaan Anda dengan alasan ingin berdua dengan Anda. Tenang saja, it’s a start! Hal itu berarti sebuah celah kecil telah terbuka untuk Anda melakukan sesuatu:

  • Jadilah Kreatif. Jangan berbohong para kekasih Anda, tapi carilah cara untuk berkomunikasi dengannya bahwa semua kegiatan itu penting untuk Anda. Ingat! Komunikasikan padanya hanya ketika dia sedang sadar. Bicara panjang lebar dengan orang yang sedang teler hanya akan sia-sia.
  • Pilihlah waktu sebaik-baiknya. Bicaralah baik-baik tentang hubungan Anda berdua, tentang yang Anda butuhkan. Di pagi hari, setelah makan siang atau setelah makan malam. Orang akan lebih terbuka akan ide dan opini ketika perut mereka kenyang. Pilihlah waktu sebaik-baiknya karena Anda yang paling mengerti kekasih Anda.
  • Libatkan bantuan pihak lain. Siapa yang paling dekat dengan kekasih Anda selain Anda? Mungkin mereka bisa ikut berdiskusi mengenai hal-hal di atas. Bisa juga Anda mengajak orang tersebut untuk ikut kegiatan Anda, supaya kekasih anda mengeti bahwa penting bagi Anda untuk melakukan kegiatan Anda sendiri atau bersama orang lain.

Tunjukkan bahwa semua kegiatan-kegiatan positif Anda telah membuahkan kemajuan signifikan pada diri Anda. Tidur dan oleh raga teratur yang membuat Anda terlihat lebih segar. Hobi dan jalan-jalan yang membuat Anda lebih ceria dan percaya diri. Pekerjaan yang membuat Anda puas. Tunjukkan. Jangan pamerkan atau menjelaskan dengan kata-kata, tapi tunjukkan perubahan dalam diri Anda. Dengan begitu kekasih Anda akan menyadarinya dan, siapa tahu, hal tersebut dapat membuatnya bercermin sehingga ia juga ingin mengalami peningkatan yang serupa.

STEP 3: Didiklah Diri Anda Terlebih Dahulu

Anda harus tahu apa yang Anda hadapi, secara spesifik terarah pada obat apa yang kekasih Anda gunakan. Pelajarilah baik-baik. Anda bisa gunakan internet untuk mencari bantuan organisasi atau rumah rehabilitasi.

Anda bisa pelajari semua informasi yang akan membantu Anda menyiapkan diri saat kekasih Anda siap untuk dibantu. Yang penting Anda harus siap untuk membantu kekasih Anda, karena ini bukanlah hal yang mudah. Jadi tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda siap untuk membantunya? Seberapa berhargakah dia untuk Anda Bantu?

STEP 4: Jagalah Keselamatan Anda.

Jangan membahayakan keselamatan Anda sendiri. Anda bisa dan harus meninggalkannya ketika ia mulai bertindak kasar dalam bentuk apapun. Bukan berarti Anda harus meninggalkannya selamanya, tapi dalam kondisinya seperti itu, tidak ada apapun yang bisa Anda raih. Walaupun dia sudah bersumpah tidak akan memukul Anda lagi, semuanya tidak akan berarti apa-apa. Malah keselamatan Anda yang terancam. Buatlah jarak sementara waktu dengannya.

Dan pikirkan baik-baik apakah Anda benar-benar bersedia berada di sisinya dan membantunya? Tentu saja semua keputusan itu ada pada Anda.

Setelah Anda memutuskan untuk berkomitmen, silakan lanjutkan membaca artikel ini.

STEP 5: Berilah dia waktu dan berdoalah

Semua itu butuh proses. Perubahan tidak mungkin terjadi dalam waktu singkat. Jadi yang bisa Anda lakukan saat ini adalah mengikuti tips-tips praktis di atas dan berilah dia waktu. Tunjukkan melalui perubahan dalam diri Anda bahwa hidup akan jauh lebih indah tanpa obat-obatan sehingga dirinya merasa terinspirasi.

Berdoalah! Itu adalah kunci utama dari tips ini. Lakukan tips-tips di atas dan berdoalah kepada Tuhan. Teruslah berdoa kepada-Nya agar kekasih Anda disembuhkan dan Anda dikuatkan. Ingatlah bahwa bagi Allah tidak ada yang mustahil.

Sumber : addictiontreatmentmagazine.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami