Aku Ini Pahlawan
Kalangan Sendiri

Aku Ini Pahlawan

Puji Astuti Official Writer
      3885

Yoel 3:10

Tempalah mata bajakmu menjadi pedang dan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: "Aku ini pahlawan!"

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 48; Titus 2; Yesaya 47-48

Di hari kemerdekaan ini mari kita kembali mengingat bahwa semua yang kita nikmati saat ini karena ada orang-orang yang memberikan hidupnya untuk memperjuangkan Indonesia agar bebas dari penjajahan. Saat itu mereka mungkin tidak pernah berpikir untuk menjadi seorang pahlawan, mereka juga tidak pernah berharap mendapat penghormatan ataupun diingat oleh generasi selanjutnya. Mereka hanya ingin mewujudkan apa yang menjadi impian dan tujuan bersama saat itu, yaitu sebuah negara yang bebas dari penjajahan dan rakyat dapat hidup dalam keadilan dan kemakmuran.

Mereka yang kita kenal saat ini sebagai pahlawan, dulu adalah orang biasa, namun mereka mau mengorbankan hidupnya untuk sebuah tujuan yang lebih besar dari dirinya sendiri.

Hari ini kita juga dipanggil untuk menjadi seorang pahlawan oleh Tuhan. Kita tidak harus berperang dan mengangkat senjata melawan musuh. Kita dipanggil untuk melakukan perbuatan baik, karena kita telah diperlengkapi oleh Allah untuk hal itu (2 Timotius 3:17). Untuk mengemban tugas ini, kita tidak dituntut menjadi orang yang luar biasa, bahkan kitab Yoel mengatakan “orang yang tidak berdaya”, bukankah kata itu sangat menggambarkan diri kita? Tetapi yang luar biasa, Yoel meminta kita berkata “aku ini pahlawan!” Ya, itulah jati diri kita, menjadi seorang pahlawan.

Bagaimana caranya? Seperti para yang telah dilakukan para pahlawan bangsa ini, mari kita melihat dan peduli dengan apa yang menjadi kebutuhan bangsa ini. Mari kita berjuang untuk menjawab kebutuhan itu dengan apa yang kita bisa, karena Tuhan tidak pernah menuntut sesuatu yang diluar kemampuan kita. Jadi para pahlawan Allah, mari bangkit dan bergerak maju. Sudah saatnya anak-anak Allah menjadi berkat di negeri ini.

Tidak seorangpun terlahir sebagai pahlawan, tetapi setiap orang yang memutuskan untuk berkontribusi positif bagi bangsanya, itulah pahlawan.

Ikuti Kami