Manfaat Mengampuni

Manfaat Mengampuni

Lois Official Writer
      27858

Lukas 17:3

Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata : “Aku menyesal”, engkau harus mengampuni dia.

 

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 46; 2 Timotius 4; Yesaya 45-46

 

Dalam banyak perkara di dalam hidup kita, seringkali ada orang-orang yang sengaja ataupun tidak menyakiti hati kita. Kalau melihat orang itu, hati langsung jadi sakit dan rasanya ingin melakukan sesuatu untuk membalas perbuatan mereka.

Tapi kita diajarkan untuk mengampuni. Pertanyaannya, bagaimana mungkin bisa mengampuni seseorang yang begitu melukai kita? Apalagi kalau seseorang itu sepertinya tidak pernah sadar akan perbuatannya.

Saat pengampunan dilakukan, sebelumnya kita harus punya pikiran seperti yang Yesus punyai, karena Dialah contoh yang paling sempurna. Kepada wanita yang berzinah, Yesus tidak mencelanya ataupun menghukumnya bahkan Dia membiarkan wanita itu mengusap kaki-Nya dengan rambutnya. Pada para ahli Taurat, Yesus tidak pernah menghukum mereka. Apalagi kepada yang menyalib-Nya, Yesus bahkan meminta pengampunan Bapa bagi mereka.

Tentu tidak semudah itu kita mengampuni mereka yang bersalah kepada kita. Tapi ada satu pikiran praktis yang perlu kita pertanyakan. Apakah manfaatnya mendendam kepada orang lain dan tidak mengampuninya? Apakah dengan begitu dia akan bisa merasakan penderitaan? Tentu tidak bukan?

Yang menderita tetap kita, yang sengsara kita juga. Berbuat jahat kepada mereka akan berakibat pada kita juga. Semuanya hanya mengakibatkan hal buruk pada kita. Jadi apa gunanya mendendam?

Mengampuni akan membuat kita lega, hati terasa ringan, hidup terasa sempurna, dan damai ada di dalam jiwa. Dan itulah yang Yesus inginkan saat Dia berkata agar kita mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Bukan hanya untuk keuntungan orang lain, tapi terlebih untuk keuntungan diri kita sendiri. Jika ada orang yang belum bisa kita ampuni, cobalah sekarang dan rasakan manfaatnya.


Pengampunan memang susah dilakukan tapi tidak mustahil. Jika dilakukan maka pengampunan membawa keuntungan kepada diri kita sendiri. Hidup terasa sempurna, hati menjadi lega.

Ikuti Kami