Tom Holland, Keluarkan Buku Tentang Lahirnya Islam

Tom Holland, Keluarkan Buku Tentang Lahirnya Islam

Lois Official Writer
7149

Dalam buku terbarunya yang berjudul ‘The Shadow of the Sword’, Tom Holland menulis bahwa agama Islam adalah sebuah agama yang datang dari agama lainnya seperti Kristen, Yahudi, dan Zoroastrisme. Dia mengatakan bahwa apa yang dituliskan oleh Muhammad mirip seperti apa yang dituliskan oleh Homerus, seorang filsuf dari Yunani. Karena itu Holland juga mengemukakan bahwa agama Islam pertama kali ada bukan di Mekah tapi di Petra, Yordania.

Zoroastrisme sendiri adalah sebuah agama kuno yang berasal dari Persia. Kita masih dapat melihat pengikutnya di Azerbaijan, Iran, India, Kurdistan, dan Pakistan. Pendiri agama ini adalah seorang nabi bernama Zarathustra atau dikenal juga dengan nama Zoroaster. Zoroastrisme ada sebelum agama Islam ada.

Bagi banyak peneliti Islam lagi, butir-butir yang diangkap Holland bukan kejutan lagi. “Di dalam Al qur’an sendiri tercantum pengakuan bahwa Islam merupakan kelanjutan ajaran Kristen dan Yahudi,” kata Petra Sijpesteijn, gurubesar bahasa dan budaya Arab di Universitas Leiden. Pada intinya, Petra setuju dengan Holland. “Bagus juga, karena ia sajikan dengan cara yang gampang dijangkau oleh pembaca awam. Namun jika menyangkut periode saat munculnya islam, diskusi mengenai hal ini, baik bagi kalangan muslim, ataupun non muslim, masih merupakan topik yang sangat peka.”

Jika Islam datang dari agama Kristen dan Yahudi dan juga agama lainnya seperti Zoroastrisme, itu berarti Islam juga bagian dari Kristen. Dengan segala perbedaan yang ada di dalam ajaran keduanya, marilah kita saling hidup dalam keharmonisan dan kedamaian.

 

Baca dalam Bahasa Inggris : klik di sini

Sumber : rnw.nl/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami