Bertobat!

Bertobat!

Puji Astuti Official Writer
      3513

Kisah Para Rasul 3:19

Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 49; Kisah Para Rasul 21; Imamat 8-9

Bertobat, kata ini kadang menakutkan bagi sebagian orang. Bahkan, karena takutnya mereka menghindari untuk menggunakannya. Selain itu, hanya sedikit yang benar-benar mengerti arti kata pertobatan yang sesungguhnya.

Anda mungkin terkejut jika tahu bahwa arti kata bertobat dalam bahasa Yunani Perjanjian Baru berarti berputar arah. Ini adalah istilah militer yang menggambarkan saat prajurit berbaris menuju sebuah arah lalu mereka berbalik ke arah sebaliknya. Lalu saat hal itu di aplikasikan kepada kehidupan rohani artinya merubah pola pikir.

Jadi pertobatan adalah deskripsi untuk apa yang terjadi ketika kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Kita tidak lagi menolak Kristus, namun percaya kepada-Nya sebagai Anak Allah yang hidup. Saat kita melakukannya kita sedang berbalik arah, dari sebelumnya bersahabat dengan dunia kita berbalik kembali kepada Tuhan. Kita meninggalkan segala kecintaan kepada hal duniawi dan hidup sesuai dengan pola pikir Kristus, hidup dalam kebenaran.

Tahukah Anda bahwa pertobatan bukan hanya tentang apa yang kelihatan atau kita tampilkan di hadapan orang lain, namun lebih kepada sikap hati kita. Sikap hati kita bukan lagi memberontak kepada Tuhan, namun rindu dan rela untuk hidup dalam kebenaran serta hidup untuk memulikan Tuhan.

Dengan deskripsi tersebut, kita harus mengerti bahwa menerima Yesus Kristus itu cukup sekali, dan kita diselamatkan oleh iman kita. Namun pertobatan bukan hanya berhenti sampai disitu. Pertobatan itu adalah proses perubahan pola pikir kita yang akan diikuti oleh perubahan pola hidup kita dengan sendirinya. Proses penyempurnaan inilah yang akan kita jalani seumur hidup kita. Jadi jika kita hari ini masih jatuh bangun di beberapa area kehidupan kita, ingatlah bahwa kita masih dalam proses pertobatan. Mari kita bertobat setiap hari. Ingatkan diri sendiri bahwa kita sedang dalam proses penyempurnaan menjadi serupa dengan Kristus. Jadi jangan mudah menyerah, teruslah berjuang hingga kita bertemu dengan Raja dan Penyelamat kita, Yesus Kristus.

Pertobatan adalah proses perubahan pola pikir kita menjadi sama dengan pola pikir Kristus yang harus kita jalani setiap hari.

Ikuti Kami