Mengubah Tujuan

Mengubah Tujuan

Puji Astuti Official Writer
      3441

Yunus 1:3

Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 42; Kisah Para Rasul 14; Keluaran 33-34

Panggilan Tuhan atas Yunus sangat jelas, Tuhan memintanya pergi ke Niniwe untuk menyampaikan pesan Tuhan bagi bangsa Niniwe. Namun Yunus tidak suka dengan tujuan yang sudah Tuhan tetapkan, ia memilih melarikan diri. Bahkan Yunus rela membayar mahal untuk menjauhkan diri dari panggilan Tuhan. Yunus menetapkan tujuannya sendiri: Tarsis.

Kisah ini sepertinya sangat ekstrim, namun percaya atau tidak, saat ini ada banyak orang yang seperti Yunus. Mereka tidak suka dengan tujuan yang Tuhan tetapkan bagi mereka. Pada akhirnya, mereka memilih berjalan sesuai dengan rencananya sendiri, tujuan yang ditetapkannya sendiri. Mereka melarikan diri dari panggilan Tuhan.

Namun melarikan diri dari panggilan Tuhan bukanlah sebuah perjalanan wisata. Perjalanan seperti itu harganya “sangat mahal”, bahkan jika Yunus tidak mengakui kesalahannya dan bertobat, maka ia akan berakhir di kedalaman lautan.

Hari ini kisah Yunus mengingatkan kita kembali untuk memeriksa tujuan yang ada di depan kita, apakah benar tujuan Tuhan atau jangan-jangan kapal kehidupan kita sudah berubah arah menuju tempat yang kita tetapkan sendiri. Mari tetapkan hati untuk menyambut panggilan Tuhan itu, apapun resikonya.

Jangan pernah melarikan diri dari panggilan Tuhan. Harga sebuah ketaatan masih lebih murah jika dibandingkan harga sebuah pemberontakan.

Ikuti Kami